Berbagi Informasi

Manfaat Yang Tersembunyi Di Balik Rasa Sedih

Manfaat di Balik Rasa Sedih

Rasa sedih biasanya muncul ketika kita mengalami hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti tidak lulus ujian, kecelakaan, ketinggalan pesawat dan jenis-jenis penyebab rasa sedih lainnya. Untuk kamu yang sedang mengalami perasaan sedih. Nikmatilah kesedihan itu, nikmatilah rasa sedih itu, jalanilah rasa sedih itu. Jangan melawan rasa sedih yang kamu rasakan. Dengan mengikuti rasa sedih itu sesungguhnya sama seperti kamu mengobati rasa sedih itu sendiri.

Perasaan sedih yang kita alami sebenarnya merupakan suatu perasaan yang harus diluapkan, sama seperti rasa marah tapi dalam bentuk berbeda. Walaupun demikian rasa sedih yang kita alami harus dalam batas normal, jangan sampai membuat kita depresi berat hingga berujung pada hal-hal negatif yang bisa merugikan kehidupan kita.

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari perasaan sedih yang kita rasakan:

1. Membersihkan Mata

Saat merasa sedih biasanya kita menangis dan mengeluarkan air mata. Tahukah kamu bahwa saat menangis sebenarnya kita sedang membersihkan mata kita sendiri. Air mata yang keluar dari kelopak mata secara alami akan membasuh daerah sekitar mata sehingga kelopak mata dan daerah sekitar mata akan tersapu oleh air mata ini dan mengeluarkan kotoran atapun debu-debu mikro di sekitar kelopak mata.

2. Membersihkan Hidung

Sama seperti pada poin pertama di atas. Saat dalam keadaan sedih biasanya kita menangis, dan biasanya juga akan beringus. Mengeluarkan air mata dan ingus biasanya satu paket dalam proses pendalaman rasa sedih. Ingus yang keluar dari hidung ini umumnya merupakan kotoran yang keluar secara alami tanpa harus dipaksa. Kotoran hidung dalam bentuk ingus ini keluar secara suka rela sebagai akibat dari rasa sedih yang kita rasakan.


3. Membuat Lega Perasaan

Setelah kamu menangisi apa yang kamu sedihkan maka yang kamu rasakan selanjutnya adalah plong atau lega. Yap, setelah menangis hingga beringus-ingus biasanya kita akan merasa lega. Perasaan kita telah terlampiaskan dengan menangis dan beringus. Hati kita seperti menjadi lebih baru dari yang sebelumnya.

4. Menjadi Lebih Termotivasi

Nah, disinilah keajaiban dari rasa sedih yang kita rasakan. Bila sudah menangis, beringus-ingus dan hati menjadi lega maka bersiaplah untuk merasakan sesuatu yang luar biasa. Pada tahap ini kita seperti terlahir kembali. Kita merasakan energi yang begitu melimpah. Kita seperti mengatakan pada diri sendiri: "OK, ini sudah berlalu, lupakan, mari kita lanjutkan apa yang harus diselesaikan". Motivasi besar inilah yang akan kita dapatkan secara positif di akhir kesedihan yang kita rasakan. Motivasi yang harus kita arahkan untuk sesuatu yang positif.

No comments:

Post a Comment