Berbagi Informasi

Awas Bahaya Ghibah


Ketika sedang berkumpul dengan teman-teman kita baik di rumah, tempat kerja atau di mana pun, biasanya kita membicarakan tentang apa saja sehingga terkadang lupa kalau kita sudah terlalu jauh membahas hal-hal diluar yang seharusnya. Hal yang paling tidak kita sadari adalah membicarakan orang lain. Materi pembicaraan yang berkaitan dengan orang lain sepertinya menjadi hal yang paling enak untuk dibicarakan kalau sedang bertemu, baik secara langsung ataupun lewat media sosial. Padahal sebenarnya ini adalah hal yang paling berbahaya karena sama dengan bergunjing.

Dalam agama Islam membicarakan orang lain atau bergunjing disebut dengan istilah ghibah. Rasulullah SAW memberikan penjelasan tentang ghibah dalam dialognya dengan para sahabat.

"Tahukah kalian apa ghibah itu?"
Mereka menjawab: "Hanya Allah dan Rasul-Nya yang tahu".
Maka Rasulullah menjelaskan: "Memperbincangkan saudaramu tentang apa yang tak disukainya". Lalu mereka bertanya: "Kalau yang diperbincangkan itu benar ya Rasulullah?"
Rasulullah menjawab: "Kalau yang diceritakan itu benar, maka engkau telah melakukan ghibah terhadap saudaramu itu. Kalau itu tidak benar, maka engkau telah melakukan kepalsuan terhadap saudaramu".


Disaat melakukan ghibah maka kita lebih dekat dengan fitnah. Di dalam surat Al Baqarah 191 disebutkan bahwa "Fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan". Antara ghibah dan fitnah sangat jelas kaitannya di sini. Disebutkan bahkan saat melakukan ghibah sama artinya kita memakan daging orang yang kita gunjingkan tersebut. Di akhirat nanti pahala yang kita kumpulkan di dunia akan terkuras akibat dari perbuatan bergunjing tadi.

Di riwayatkan, ada seseorang di hari akhir nanti ketika menerima catatan amalnya sangat terkejut karena tidak ada ganjaran pahala atas amal soleh yang telah dilakukannya ketika di dunia. Lalu dia bertanya: "Di mana pahala dari amal-amal soleh yang telah saya lakukan dulu?". Maka di jawab kepadanya: "Hilang pahala amal solehmu karena kamu selalu mempergunjingkan manusia".

Sementara itu ada seseorang yang ketika menerima catatan amal soleh terkejut karena banyak sekali berisi pahala yang dia sendiri merasa tidak melakukannya. Lalu disampaikan kepadanya; "Inilah pahala yang diberikan kepadamu dari orang-orang yang telah mempergunjingkan kamu ketika di dunia, tapi kamu tidak menyadarinya".


Baca : Ghibah Yang Diperbolehkan

No comments:

Post a Comment