Berbagi Informasi

Berapa Nilai Satu Menitmu

Berapa Nilai Satu Menitmu

Jika kita ditanya berapa nilai satu menit? Kita semua yakin ada berbagai macam jawaban atas pertanyaan ini. Mungkin ada yang bilang; satu menit sih ga ada apa-apanya. Tapi mungkin ada orang lain yang bilang bahwa satu menit itu sangat berharga. Apapun jawabannya yang namanya waktu berapa pun lamanya apakah satu menit, satu detik, atau bahkan satu jam semuanya berharga.

Ketahuilah bahwa satu menit itu bisa senilai dengan satu trofi juara sepakbola dalam suatu pertandingan sepakbola bila ada kesebelasan yang sedang bertanding dan ada tim yang dalam posisi unggul 1-0. Dalam situasi ini satu menit sangat berharga. Bagi para pemain dalam tim kesebelasan yang unggul 1-0 tersebut, satu menit bisa dirasakan seperti satu hari atau bahkan mungkin rasanya seperti satu tahun hanya karena tim tersebut mencoba mempertahankan keunggulan 1-0 dan diserang habis-habisan oleh lawan yang sedang mencoba menyamakan kedudukan.

Dengan satu menit kita bisa membaca satu halaman buku, mengirim sms, atau bahkan update status di sosial media. Satu menit bisa bernilai satu nyawa bila kita melihat ada orang yang sedang berjalan menyeberangi rel kereta api dan dari arah kejauhan ada kereta yang hendak lewat, dengan teriakan atau lemparan kerikil untuk mengingatkan orang tersebut agar segera sadar bahwa ada kereta dari jauh yang hendak lewat, hanya kurang lebih satu menit untuk melakukan itu.

Pertanyaannya sekarang adalah kita sudah melakukan apa untuk memanfaatkan satu menit yang kita miliki? Silahkan dijawab masing-masing.

Apakah kita sudah melakukan sesuatu yang berharga dari setiap satu menit yang punyai? Silahkan direnungi.

Apakah kita menggunakan setiap satu menit yang kita miliki untuk melakukan hal-hal yang baik atau malah terjerumus untuk melakukan hal-hal yang buruk? Silahkan direnungi lagi apa yang telah kita lakukan selama ini dalam hidup kita.

Jika kita bisa menjaga setiap satu menit kehidupan kita, maka kita bisa menjaga setiap satu jam apa yang kita lakukan dan kemungkinan besar kita bisa mengontrol mana yang baik dan mana yang baik dalam satu hari kehidupan kita. Jika ini terus dilakukan bukan tidak mungkin kita akan bisa mencapai jalan kebaikan dalam hidup kita masing-masing.

Pesan yang terpenting adalah semoga kita bisa selalu mengontrol setiap satu menit yang kita jalani sehingga bisa menghasilkan kebaikan dalam jangka panjang.

No comments:

Post a Comment