Berbagi Informasi

Catatan Singkat Prestasi Chelsea Di Paruh Musim Pertama Premier League 2016/2017

Melihat sepak terjang Chelsea di paruh musim pertama Premier League 2016/2017 dan rentetan 13 kemenangan berturut-turut yang diraih membuat Chelsea makin dijagokan mempunyai kans besar untuk menjadi juara Premier League musim ini. Kemenangan yang diraih dalam setiap pertandingan membuat para pemain Chelsea selalu berada dalam situasi mental yang siap dan percaya diri dalam menghadapi setiap pertandingan.

Hasil 13 kemenangan beruntun Chelsea ini menyamai rekor kemenangan yang diraih oleh Arsenal pada musim Premier League 2001/2002. Yang menarik adalah Chelsea meraih 13 kemenangan beruntun ini setelah mengalami kekalahan dari Arsenal musim ini di Emirates Stadium dengan skor 3-0 pada pertandingan pekan ke 6 Premier League, 24 September 2016. Setelah kekalahan dari Arsenal tersebut, Antonio Conte menggunakan skema tiga bek dalam formasi 3-4-3. Tiga bek, 4 gelandang tengah (2 gelandang bertahan, 2 gelandang sayap), 3 penyerang (2 gelandang serang, 1 striker). Dengan menggunakan formasi ini Chelsea seperti tidak tertahankan. Mereka melewati pertandingan demi pertandingan tanpa mengalami kekalahan selama 13 pertandingan.

Jika melihat ke belakang pada Premier League musim-musim sebelumnya, umumnya Juara Premier League hanya mengalami kekalahan tiga atau empat kali dalam satu musim. Sejauh ini Chelsea baru merasakan dua kali kekalahan yaitu melawan Liverpool di kandang Chelsea (Stamford Bridge) dengan skor 1-2 dan melawan Arsenal di kandang Arsenal (Emirates Stadium) dengan skor 3-0. Artinya walaupun Chelsea mengalami kekalahan, kans juara tetap tinggi dengan catatan hanya bisa mengalami kekalahan maksimal dua kali lagi. 

Jika mengacu pada statistik paruh musim pertama Chelsea meraih kemenangan didukung oleh dua faktor krusial yaitu bebas cedera pemain kunci dan tidak bermain di kompetisi eropa. Selain itu faktor pelatih Chelsea, Antonio Conte juga turut mempengaruhi pencapaian Chelsea dengan skema tiga bek dalam formasi permainannya.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana kiprah Chelsea di paruh musim kedua? Baca ulasannya di Bagaimana Langkah Chelsea di Januari.

Baca juga:
Jadwal Berat Liverpool di Bulan Januari 
Jadwal Ringan Man City di Januari 2017

No comments:

Post a Comment