Berbagi Informasi

Jurusan Teknik Pertambangan

Teknik Pertambangan

Apa itu Teknik Pertambangan?

Teknik Pertambangan merupakan salah satu jurusan yang ada dalam kategori rumpun ilmu kebumian. Seperti yang kita ketahui bahwa rumpun ilmu kebumian meliputi Geologi (Teknik Geologi), Geofisika (Teknik Geofisika), Teknik Perminyakan, dan Teknik Pertambangan. Semua jurusan ini mempunyai spesifikasi masing-masing untuk bidang studi dan output lulusannya. Secara umum rumpun ilmu kebumian membahasa tentang apa-apa yang di bawah permukaan bumi, baik batuan, mineral, fluida (minyak, air dan gas) atau apapun.

Secara spesifik, Teknik Pertambangan adalah salah satu disiplin ilmu dan teknologi yang mempelajari tentang bagaimana mengambil atau meng-ekstrak sumber daya alam berupa mineral dan material tambang yang di bawah permukaan bumi. Dalam aplikasinya, Teknik Pertambangan akan berkaitan dengan disiplin ilmu lain seperti geologi, geofisika, metalurgi, survei dan geoteknik.


Bagaimana kondisi jurusan Teknik Pertambangan Di Indonesia?

Jurusan Teknik Pertambangan yang ada di Indonesia saat ini sudah cukup banyak. Walaupun demikian penyebaran jurusan ini masih kurang merata. Hal ini ditandai dengan adanya kampus yang ada di daerah dengan potensi sumber daya tambang tapi tidak mempunyai jurusan teknik pertambangan. Kalau melihat dalam lima tahun terakhir akhirnya jurusan ini dibuka juga di kampus yang seharusnya dari dulu sudah dibuka.

Apa yang di pelajari dalam Teknik Pertambangan?

Secara umum yang dipelajari dalam teknik pertambangan meliputi: geologi dan geofisika, ilmu tanah dan lingkungan, metalurgi dan pemrosesan mineral, dan lain-lain.


Bagaimana prospek kerja lulusan Teknik Pertambangan?

Setelah menyelesaikan studi di perguruan tinggi, lulusan teknik pertambangan umumnya bisa bekerja di berbagai macam bidang seperti perusahaan tambang baik BUMN atau swasta (Antam, Freeport, PT Timah, dan yang lainnya), perusahaan sipil dan konstruksi yang fokus ke geoteknik, bank, perusahaan survei, dan perusahaan lainnya. Selain itu lulusan teknik pertambangan bisa berprofesi sebagai peneliti atau dosen di perguruan tinggi.

Bagaimana gaji di perusahaan Tambang?

Gaji di perusahaan tambang bervariasi sesuai dengan kondisi perusahaan dan tanggung jawab yang diemban. Untuk pembahasan topik yang ini nanti kita siapkan dalam satu topik khusus.Semoga halaman ini bisa memberi sedikit pencerahan tentang jurusan Teknik Pertambangan.

No comments:

Post a Comment