Berbagi Informasi

Potensi Sumber Daya Tambang Di Indonesia

Secara geologi, Indonesia mempunyai potensi tambang yang luar biasa. Potensi sumber daya tambang yang akan di uraikan di sini hanya potensi tambang non migas yaitu bahan mineral dan batubara. Sumber daya alam berupa bahan tambang yang ada di Indonesia tersebar dari sabang sampai merauke, dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia.

Tiap-tiap daerah di Indonesia mempunyai potensi tambang yang khas. Indonesia merupakan sumber mineral dan tambang yang berbeda-beda tetapi dalam 20 hingga 30 tahun terakhir di dominasi oleh batubara (coal), tembaga (copper), timah (tin), emas (gold), dan nikel (nickel).

Gambar dari http://geoenviron.blogspot.co.id

Dalam skala internasional, Indonesia masih termasuk negara dengan produksi tambang dan mineral yang cukup tinggi. Pada peta di atas terlihat penyebaran sumber daya tambang dan mineral dari timur hingga barat Indonesia. Secara detail mari kita rinci di tiap-tiap daerah di Indonesia.

Di Sumatera terdapat sumber daya tambang berupa batubara, timah, emas, granit, bauksit, marmer, batu kapur, dan grafit.
Di Kalimantan terdapat sumber daya tambang batubara, bauksit, intan, dan nikel.
Di Jawa terdapat sumber daya tambang biji besi, emas, fosfat, belerang, marmer, mangan, granit, kapur, gips, pasir kuarsa dan tembaga.
Di Sulawesi terdapat sumber daya tambang nikel, mangan, emas, gips, tembaga, kapur, biji besi, mika, pasir kuarsa, dan aspal.
Di Maluku, selain terdapat potensi migas juga terdapat sumber daya tambang berupa nikel, mangan, dan asbes.
Di Papua terdapat tambang tembaga, emas, marmer, asbes dan nikel.


Jika dilihat secara keseluruhan, Indonesia sebenarnya merupakan negara yang sangat kaya tapi sayang pemanfaatan sumber daya alamnya belum maksimal. Hanya segilintir orang yang bisa menikmati kekayaan alam bangsa ini. Padahal dalam undang-undang telah tertulis bahwa bumi, air dan kekayaan alam akan digunakan untuk semakmur-makmurnya rakyat Indonesia.

Yang tertulis di atas baru dari segi potensi sumber daya tambang. Belum potensi sumber daya alam yang lainnya seperti migas, perikanan, pertanian dan sumber daya yang lainnya. Semoga para pemegang kekuasaan di negeri ini bisa menjalankan amanah yang diberikan kepada mereka dengan baik sehingga potensi-potensi dan sumber daya tambang yang ada di Indonesia bisa dirasakan manfaatnya untuk seluruh rakyat Indonesia.

Baca: Informasi Pertambangan

No comments:

Post a Comment