Berbagi Informasi

Tambang Emas Di Indonesia

Emas

Tambang emas merupakan salah satu tambang sumber daya alam yang sangat berharga. Setiap orang pasti ingin menginginkan emas. Begitu berharganya emas hingga orang-orang yang tinggal dekat dengan sumber terdapatnya emas biasanya akan mendulang biji atau urat emas. Dalam ilmu geologi, emas biasanya terdapat dalam rekahan batuan. Yang di dulang oleh orang-orang disungai umumnya merupakan biji atau urat emas yang telah lepas dari batuan induknya.

Tambang emas di Indonesia terdapat di beberapa tempat. Mari kita lihat satu persatu di mana saja tambang-tambang emas tersebut di beberapa tempat di Indonesia.

Sumatera
Di sumatera, tambang emas terdapat di daerah Tapanuli Selatan.

Kalimantan
Di Kalimantan, tambang emas terdapat di daerah Kapuas, Kalimantan Tengah.

Jawa
Di Jawa, tambang emas terdapat di daerah Lebak Selatan, Jawa Barat dengan nama tambang emas Cikotok.

Sulawesi
Di Sulawesi, tambang emas terdapat di daerah Sulawesi Utara.

Maluku
Di Maluku, tambang emas terdapat di daerah Halmahera.

Papua
Di Papua, tambang emas terdapat di daerah Puncak Jaya, yaitu tambang emas Grashberg.


Dari data-data diatas terlihat bahwa betapa banyak sekali sumber daya tambang di Indonesia. Lihatlah sekali lagi daftar di atas, berapa banyak yang sudah dinikmati oleh rakyat Indonesia. Mungkin perlu dilihat lagi bagaimana skema bagi hasil antara perusahaan tambang dan pemerintah agar rakyat bisa menikmati hasil alam di negeri ini.

Dari banyaknya hasil tambang emas di Indonesia harusnya bisa memberi faedah yang luar biasa bagi warga negara Republik Indonesia tapi kenyataannya masih banyak rakyat miskin di negeri Indonesia. Sangat tidak wajar negara dengan banyak kekayaan alam tapi rakyatnya masih banyak yang hidup terlunta-lunta seperti tidak mempunyai apapun.

No comments:

Post a Comment