Berbagi Informasi

Manfaat Bawang Merah

Bawang merah merupakan salah satu tanaman yang biasa dijadikan bumbu masakan. Dalam kehidupan sehari-hari terkadang tanpa sadar kita telah mengkonsumsi bawang merah dalam bentuk yang berbeda, maksudnya bukan berbentuk siung bawang. Walaupun demikian tidak semua orang mengetahui bahwa bawang merah sebenarnya mempunyai manfaat yang sangat berguna untuk tubuh manusia.

Jadi apa manfaat bawang merah untuk tubuh manusia?

Inilah adalah daftar manfaat bawang merah untuk tubuh manusia:
  1. Meredakan gejala demam. Kamu pernah demam? Atau kamu mempunyai keluarga yang lagi demam? Boleh jadi asupan bawang merahnya kurang.
  2. Untuk anti inflamasi. Nah ini dia yang sering mengalami inflamasi atau radang, mulai saat ini rutinkan konsumsi bawang merah.
  3. Untuk anti alergi. Buat kamu yang kadang-kadang mempunyai masalah alergi, cocok nih bawang merah untuk kamu.
  4. Untuk anti kanker. Pernah lihat orang makan sate trus dikasih irisan bawang? Nah ini dia jawabannya. Daging yang dibakar atau dipanggang akan menghasilkan senyawa penyebab kanker terutama pada bagian yang berwarna hitam. Oleh karena itu jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi irisan-irisan bawang yang sudah disiapkan. 
  5. Menghambat perkembangan virus influenza tipe I. Yang suka flu, dikit-dikit kena flu, ya sudah banyakin tuh makan bawang. Dari pada kamu nularin orang lain.
  6. Melancarkan dahak. Yang berdahak dan dahaknya nempel ketat di rongga-rongga leher, ayo jangan ragu-ragu, kupas tuh bawang, masukin ke sayur atau apa gitu trus makan :-)
  7. Menurunkan osteoporosis hingga 20%. Wah ga tangung-tanggung, ternyata mengkonsumsi bawang merah berpengaruh terhadap osteoporosis, luar biasa.
  8. Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Nah ini dia yang paling dicari oleh orang-orang yang sering makan kebablasan. Mau kolesterol turun? Tekanan darah turun? Wajib makan bawang merah.
  9. Memecah lemak dalam tubuh. Yang punya lemak berlebihan dalam badannya patut mencoba bawang merah, turun dikit kan lumayan, apalagi turun banyak.
  10. Sebagai anti septik. Ternyata bawang merah bisa berguna untuk antiseptik. Jadi kalau ga sempat beli antiseptik boleh juga kamu mencoba pake bawang merah.
  11. Menurunkan kadar gula dalam darah. Yang gula darah atau kadar gulanya berlebihan dalam darah, maka rutinkan konsumsi bawang merah.
  12. Sebagai obat kencing manis. Waaah ini nih yang tidak boleh disia-siakan, yang kena penyakit kencing manis siapkan bawang merah di rumah kamu. Jangan lupa makan bawang merahnya.
  13. Untuk mengobati maag. Kamu kena maag? Bawang merah merupakan solusi murah dan sehat untuk kamu.
  14. Memperlancar pernapasan. Yang napasnya bermasalah dan kurang lancar maka tidak ada salahnya kamu mencoba rutin makan makanan yang ada campuran bawang merahnya.
Setelah mengetahu manfaat bawang merah di atas maka anda mulai sekarang harus mulai rutin mengkonsumsi bawang merah. Konsumsi bawang merah bukan berarti harus dimakan secara langsung. Anda dapat memperoleh asupan bawang merah dengan cara mennjadikannya sebagai bumbu dalam masakan anda sehari-hari. Bisa dalam bentuk bawang goreng, bumbu dalam  ikan tumis, campuran bumbu pada ayam bakar, ataupun campuran bumbu dalam sayur mayur anda.

No comments:

Post a Comment