Berbagi Informasi

Lonceng Peringatan Untuk Mahasiswa Teknik Perminyakan


Apakah kamu mahasiswa teknik perminyakan? Kalau iya, maka sudah bisa dipastikan setiap saat kamu melihat atau mengecek harga minyak dunia. Semakin tinggi harga minyak maka potensi mendapatkan pekerjaan semakin besar tetapi jika harga minyak masih stagnan seperti sekarang ini maka kamu harus mulai memikirkan alternatif lain selain berkarir di dunia migas.

Baca: Yang Menderita Akibat Turunnya Harga Minyak Dunia

Permasalahan prospek kerja dari jurusan teknik perminyakan adalah ruang lingkupnya yang terbatas hanya pada area yang berkaitan dengan migas. Sebelum harga minyak turun drastis, mahasiswa teknik perminyakan umumnya tidak terlalu khawatir dengan masa depannya. Setiap mahasiswa yang lulus dari jurusan ini biasanya dengan gampang memperoleh pekerjaan di perusahaan migas. Tapi setelah akhir 2014, harga minyak yang menukik tajam membuat banyak perusahaan migas melakukan efisiensi.

Efisiensi yang dilakukan perusahaan salah satunya dengan mengurangi jumlah karyawan, salah satunya dengan meniadakan rekruitmen untuk lulusan baru. Bisa dibayangkan bagaimana perasaaan mahasiswa teknik perminyakan jika perusahaan minyak tidak melakukan rekruitmen. Mau ke mana para lulusan-lulusan baru ini.

Bagi mahasiswa teknik perminyakan yang baru masuk kuliah mungkin masih ada waktu menunggu hingga harga minyak dunia menanjak lagi, tapi untuk para mahasiswa tingkat akhir atau yang baru lulus mungkin bingung mau kerja apa dan dimana. Selama ini yang mereka tahu hanya tentang minyak, minyak dan minyak. Minyak bumi ya bukan minyak goreng atau minyak kelapa sawit :-)


Untuk kamu yang baru lulus maka siap-siaplah bersaing dengan banyaknya kandidat lain dengan lowongan yang sedikit. Walaupun harga minyak turun, lowongan untuk jurusan teknik perminyakan tetap ada tetapi jumlahnya sangat sedikit. Rasio pelamar dan posisi yang dibutuhkan bahkan bisa mencapai 1000:1. Artinya dari 1000 orang yang melamar, yang akan diambil atau direkrut hanya satu orang.

Alternatif lain yang bisa kamu ambil yaitu melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi. Sambil berharap harga minyak bisa terus naik sehingga pada saat kamu lulus dijenjang kuliah yang lebih tinggi ini harga minyak sudah ada diposisi yang memungkinkan untuk kamu berkarir dengan baik. Jika kamu tidak tertarik melanjutkan kuliah ke tingkat yang lebih tinggi, maka kamu bisa mencoba magang agar ilmu kamu tidak hilang sekaligus untuk menambah pengalaman kamu bagaimana bekerja di perusahaan migas.

Kalau kamu tertarik untuk magang di perusahaan migas maka tidak ada salahnya kamu mulai membuat list perusahaan migas yang akan kamu jadikan target untuk tempat magang kamu. Ada banyak perusahaan migas di Indonesia ini, yang penting tekad kamu bulat dan mau berusaha seharusnya kamu bisa mendapat tempat magang.

No comments:

Post a Comment