Berbagi Informasi

Potensi Wisata Pulau Kadatua

Buat yang hobi menikmati keindahan laut, pasir putih dan ombak laut maka mengunjungi pulau ini patut kamu coba, yaitu Pulau Kadatua, di Sulawesi Tenggara. Pulau Kadatua merupakan salah satu pulau yang terletak di wilayah kepulauan Buton. Pulau ini terpisah dari induk pulau Buton dan terletak di bagian selatan pulau Buton itu sendiri. Secara administratif pulau Kadatua merupakan salah satu kecamatan yang masuk dalam wilayah  Kabupaten Buton Selatan. Kalau kita membuka google map, maka nama pulau ini tertulis Kadatung, bukan Kadatua. Suatu saat google harus mengkoreksi nama pulau ini di peta mereka.


Secara ekonomi, setelah mekar dan menjadi kecamatan sendiri, wilayah Kadatua telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hal yang paling menguntungkan pulau Kadatua adalah dekatnya wilayah ini dengan kota Baubau. Seperti yang kita ketahui bahwa Baubau merupakan kota penggerak utama di daerah kepulauan Buton. Perjalanan dari Kadatua ke Baubau bisa dilakukan dengan menggunakan speed boat, baik yang berbentuk fiber ataupun kapal kayu ukuran kecil-sedang. Waktu yang ditempuh bervariasi tergantung kondisi ombak laut. Umumnya berkisar antara 20 menit hingga 30 menit.

Pantai Pasir Putih Banabungi

Jika kita berkunjung ke pulau Kadatua, maka rute reguler yang harus kita lewati yaitu berawal dari dermaga atau pelabuhan Topa. Di sana kita bisa naik kapal kayu yang akan menghantarkan kita ke pelabuhan Kadatua, yang terletak di Desa Banabungi. Pada saat tiba di Banabungi maka kita akan disuguhi pemandangan hamparan pasir putih dengan mercu suar di ujung hamparan pasir tersebut.

Pantai Pasir Putih Banabungi
Pantai Pasir Putih Banabungi, Kadatua, Buton Selatan, Foto: Lilis

Banabungi dalam bahasa setempat artinya kepala bungi, yang mana bungi diistilahkan untuk kumpulan pasir putih yang ada di laut. Pertemuan pasir putih dengan air laut yang berwarna bening kehijauan sangat menggiurkan untuk berenang ditempat ini. Hamparan pasir putih dan laut jernih yang ada di tempat ini sangat potensial untuk dijadikan tempat wisata.


Pantai Mbanua

Dari Banabungi kita coba menjelajah pulau Kadatua. Ke arah selatan setelah meninggalkan Desa Banabungi maka wilayah yang akan dijumpai yaitu Desa Lipu. Desa ini terletak di area ketinggian sehingga kita akan melihat pemandangan tumbuhan hijau sejauh mata memandang. Selain itu kita juga bisa melihat lautan dari desa ini. Setelah melewati Desa Lipu kita akan menjumpai Desa Uwemaasi dan Desa Kaofe.

Di Desa Kaofe terdapat salah pantai yang cukup menarik yaitu pantai Mbanua. Pantai ini dapat dikatakan sebagai pantai yang unik, lebar hanya sekitar 100 meter, tetapi di samping kanan kirinya diapit oleh formasi batu gamping dengan tinggi sekitar 10 - 15 meter. Dulu pantai Mbanua mempunyai pasir putih pada bibir pantainya tetapi karena faktor abrasi sehingga bibir pantai ini di beton yang sekaligus berfungsi untuk pelindung agar air laut tidak langsung naik atau masuk ke darat yang dekat dengan pemukiman warga.

Pantai Mbanua
Pantai Mbanua, Kadatua, Buton Selatan, Foto: Awal

Di pantai Mbanua ini terdapat jembatan di bagian tengahnya, sehingga bagi yang ingin menikmati deburan ombak dari jarak dekat bisa langsung ke ujung jembatan ini. Hal yang paling menarik dari pantai ini yaitu pemandangan sunset atau matahari terbenam di sore hari. Kita bisa langsung bisa menikmati sunset di pantai ini tanpa terhalang oleh apapun.

Danau Teilalo

Salah satu tempat favorit masyarakat Kadatua khususnya para anak muda yaitu danau Teilalo. Danau ini terletak di Desa Marawali, yang mana Desa Marawali merupakan pemekaran dari Desa Kaofe. Keunikan danau Teilao yaitu airnya yang asin sehingga kalau mandi di tempat ini seperti mandi di laut tapi tanpa ombak dan tanpa arus deras. Tempat ini biasanya penuh dan ramai saat lebaran.

Danau Teilalo
Danau Teilalo, Kadatua, Buton Selatan, Foto: Awal

Di samping danau ini terdapat pohon - pohon nan rindang yang membuat suasana sejuk di kawasan ini. Hembusan angin sepoi - sepoi bisa membuat mengantuk setiap orang yang berkunjung di sini. Suasana tenang dan jauh dari hingar bingar menjadikan tempat ini layak untuk dijadikan destinasi wisata.

Demikianlah beberapa tempat yang berpotensi sebagai lokasi wisata yang menarik dan menyenangkan di pulau Kadatua. Silahkan share informasi wisata potensial ini, semoga pemerintah kabupaten Buton Selatan mempunyai program untuk pengembangan wilayah ini.

Baca: Potensi Wisata Pulau Kadatua Bagian 2

Note: Jangan lupa tulis komentar anda di bawah bila masih ada tempat yang berpotensi sebagai tempat wisata di pulau Kadatua.

No comments:

Post a Comment