Berbagi Informasi

Prospek Kerja Geofisika atau Teknik Geofisika


Geofisika atau Teknik Geofisika merupakan salah satu disiplin ilmu yang mempelajari bumi khususnya bawah permukaan bumi dengan menggunakan kaidah-kaidah fisika untuk mencari atau memperoleh informasi sumber daya alam bawah permukaan bumi. Pada perguruan tinggi, jurusan geofisika biasanya masuk dalam fakultas MIPA sedangkan jurusan teknik geofisika masuk dalam fakultas ilmu dan teknologi kebumian.

Para siswa kelas 3 SMA yang sedang mencari jurusan untuk kuliah biasanya selalu bertanya tentang prospek kerja suatu jurusan, termasuk jurusan geofisika ini. Lulusan dari geofisika atau teknik geofisika bisa bekerja di banyak tempat antara lain perusahaan migas, kontraktor migas (oil services), tambang, BPPT, Badan Geologi, Lemigas, Bank, dan lain sebagainya.

Pertanyaannya bagaimana dengan lulusan geofisika atau teknik geofisika tahun 2017?

Harga minyak dunia yang masih di bawah 100 USD per barrel menjadikan iklim bisnis migas belum kembali seperti sedia kala. Sejak anjlok pada akhir tahun 2014, harga minyak paling tinggi hanya bisa tembus di 50-an USD per barrel. Sulit untuk memprediksi kapan harga minyak akan kembali di sekitaran 100 USD per barrel. Di saat harga minyak mulai menanjak di atas 53 atau 54 USD per barrel maka beberapa perusahaan migas langsung menambah jumlah rig untuk mengebor lagi. Hal ini menyebabkan harga minyak kembali jatuh.

Hal yang paling sulit membuat harga minyak kembali mendekati 100 USD per barrel adalah karena melimpahnya produksi minyak shale yang ada di Amerika. Hal ini menyebabkan supply minyak dunia melimpah. Amerika yang dulunya pengimpor minyak paling agresif saat ini berganti menjadi supplier minyak untuk negerinya sendiri.

Karena minyak melimpah maka perusahaan otomatis mengurangi kegiatan eksplorasi. Area pekerjaan geofisika yang bermain di ranah eksplorasi menjadi berkurang sehingga rekruitmen untuk lulusan geofisika tahun 2017 ini menjadi berkurang. Jika harga minyak bisa tembus di angka 70 USD per barrel maka ada kemungkinan kegiatan eksplorasi menjadi positif lagi sehingga membuat perusahaan akan melakukan rekruitmen terhadap tenaga-tenaga kerja untuk lulusan geofisika atau teknik geofisika.

Jika harga minyak masih di sekitaran 50 USD per barrel maka ada baiknya lulusan geofisika 2017 mencari alternatif lain selain bekerja di migas. Para lulusan geofisika bisa juga memanfaatkan waktu dengan cara magang atau lanjut sekolah S2.

Baca informasi seputar geosains dan migas di : Informasi Geosains dan Migas

No comments:

Post a Comment