Berbagi Informasi

Aspal Buton, Kapan Bangkit Lagi?

Aspal Buton merupakan aspal alam yang terdapat di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Aspal Buton adalah satu - satunya aspal alam yang terdapat di Indonesia. Selain di Buton, tempat lain yang mempunyai aspal alam di dunia yaitu Trinidad. Jadi hanya di Buton dan Trinidad yang merupakan lokasi aspal alam di dunia. Seperti yang kita ketahui bahwa aspal alam merupakan aspal yang terbentuk melalui proses geologi dalam jangka waktu yang sangat lama yaitu ratusan hingga jutaan tahun.

Aspal Buton
Gambar: Butonas

Dalam sejarah eksploitasi sumber daya tambang Indonesia aspal Buton pernah mengalami masa kejayaan pada tahun 1980-an, yaitu antara sekitar tahun 1982 - 1986. Pada masa ini penggunaan aspal Buton masuk dalam program dan kebijakan pemerintah Indonesia. Pada saat itu setiap pengaspalan jalan raya di Indonesia harus menggunakan aspal Buton. Tetapi itu adalah cerita lama yang bisa dikenang dari nasib aspal Buton.

Kemudian melewati masa tahun setelah 1986, aspal Buton mengalami perubahan nasib dan seperti tenggelam. Kebijakan pemerintah tentang penggunaan aspal mulai berubah.Penggunaan aspal untuk jalan raya lebih menggunakan aspal cair yang berasal dari minyak hasil dari pengeboran minyak bumi. Banyaknya kebutuhan aspal dalam negeri membuat pasokan aspal cair di Indonesia menjadi berkurang. Sehingga untuk mencukupi kebutuhan aspal dalam negeri maka pemerintah Indonesia melakukan impor aspal sampai sekarang.


Pertanyaannya adalah kenapa pemerintah Indonesia tidak lagi menjadikan aspal Buton sebagai komoditas utama untuk aspal dalam negeri?

Pertanyaan di atas menjadi pertanyaan semua orang yang tahu tentang aspal Buton termasuk masyarakat yang ada di wilayah Kepulauan Buton sendiri. Pada saat ini bahkan sebagian masyarakat di kepulauan Buton mungkin lupa bahwa di Buton ada sumber daya alam yang sangat besar. Kebijakan pemerintah yang lebih mengutamakan penggunaan aspal cair untuk sumber pasokan utama aspal dalam negeri tentu mempunyai alasan tersendiri, baik dari sisi teknikal maupun politik.

Presiden Joko Widodo pada saat awal - awal kepemimpinannya menjabat sebagai Presiden RI sempat ada harapan yang menyebutkan bahwa aspal Buton akan dijadikan sebagai salah satu sasaran pengembangan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan aspal nasional (dalam negeri). Tetapi kabar tersebut seperti hilang ditelan waktu dan belum ada tindak lanjutnya. Hal ini menjadi pekerjaan rumah untuk pemerintah daerah terkait untuk lebih menyuarakan sumber daya aspal Buton ke pemerintah pusat, agar potensinya bisa dimanfaatkan dengan lebih maksimal.

Silahkan share informasi ini agar sumber daya alam Indonesia yang besar ini bisa kembali dimanfaatkan untuk kemakmuran masyarakat.

Baca juga:
Potensi Tambang Di Indonesia
Aspal Dan Pertambangan Di Pulau Buton

No comments:

Post a Comment