Berbagi Informasi

Ini Alasan Kenapa Rossi Bisa Meraih Podium 3 di Losail Qatar

Balapan di Losail Qatar telah selesai dengan hasil balapan yaitu podium pertama di peroleh Vinales (Yamaha), podium dua Dovizioso (Ducati) dan podium tiga Rossi (Yamaha). Jika melihat atau menonton perlombaan motoGP Losail, Qatar pada tanggal 26 Maret 2017, sebelum balapan dimulai mungkin sebagian besar penggemar motoGP akan memprediksi bahwa posisi podium kemungkinan besar akan di raih oleh Vinales, Marquez, dan pembalap lain tapi bukan Rossi.

Rossi tidak dijagokan bisa meraih podium pada balapan Qatar. Hal ini disebabkan karena performa Rossi pada free practice pertama, kedua dan ketiga tidak memuaskan. Memang sudah menjadi hal yang umum bahwa walaupun Rossi tidak bagus di free practice tapi nanti bagus dalam balapan. Betul Rossi sering banget seperti ini tapi pada sesi free practice di Qatar kemarin, performa Rossi benar-benar jauh dari kata memuaskan, apalagi dibandingkan dengan performa Vinales yang menggunakan motor yang sama.

Mari kita bandingkan bagaimana hasil performa Rossi dan Vinales pada sesi free practice :
Hasil free practice 1: Rossi posisi 9, Vinales posisi 1
Hasil free practice 2: Rossi posisi 6, Vinales posisi 5
Hasil free Practice 3: Rossi posisi 13, Vinales posisi 1

Dari hasil free practice di atas terlihat bahwa Rossi mempunyai gap atau jarak yang jauh dari Vinales. Hasil free practice kedua merupakan sebuah pengecualian karena pada sesi ini Vinales mengalami crash sehingga catatan waktunya menurun namun pada sesi selanjutnya yaitu free practice ketiga Vinales mampu tampil maksimal sehingga meraih posisi 1.

Jadi kenapa Rossi bisa meraih podium 3 di balapan Qatar kemarin?

Valentino Rossi Qatar
 Valentino Rossi Saat Meraih Podium 3 di Qatar, Foto: Motogp.com

Sesuai hasil wawancara setelah selesai balapan, jawabannya adalah karena Rossi mengganti motor untuk balapan. Sebenarnya jawaban Rossi ini bisa multi tafsir apakah mengganti motor atau mengganti settingan motor. Rossi sendiri mengatakan bahwa pada sesi latihan pemanasan pagi hari (sebelum balapan malam harinya), dia sempat mencoba tiga atau tiga settingan motor tapi hasilnya kurang bagus.

Rossi sendiri mengatakan bahwa dia tidak akan berani bertaruh apakah dia akan dapat podium atau tidak. Jadi keputusan Rossi mengganti motor atau settingan motor pada balapan Qatar kemarin bisa dibilang merupakan keputusan yang cukup berani.  Tapi saat balapan dimulai terlihat Rossi melakukan start yang bagus dan merasa nyaman dengan motornya.

Rossi berharap hasil balapan di Qatar bisa memberikan informasi yang cukup sehingga dia dan timnya bisa memahami harus mulai dari mana untuk melanjutkan pengembangan motor. Selain itu, satu hal yang membuat Rossi bahagia adalah dia bisa melihat Vinales sepanjang balapan, dalam artian jarak dia dengan vinales sangat dekat. Rossi mengungkapkan ini karena saat free practice dia tidak bisa menempel dan mengimbangi kecepatan Vinales. Menarik untuk melihat bagaimana seri ke dua akan berlangsung nanti di Argentina.

No comments:

Post a Comment