Berbagi Informasi

Masa Depan Itu Seperti Tempe, Tidak Ada Yang Tahu

Masa depan itu seperti tempe, tidak ada yang tahu

Masa depan itu seperti sekumpulan tempe tidak ada yang tahu. Kalimat ini sebenarnya merupakan penggabungan antara kata "tahu" yang berarti makanan dan kata "tahu" yang berarti pemahaman atau pengetahuan. Penggunaan kata "tahu" dalam kalimat ini menimbulkan arti yang menarik sekaligus lucu.

Masa Depan Itu Seperti Tempe, Tidak Ada Yang Tahu. Kalimat ini ingin menginformasikan bahwa masa depan itu sesuatu yang di luar jangkauan kita. Tak ada seorang pun yang tahu bagaimana masa depan akan terjadi dan bagaimana nanti masa depan itu. Penggunaan kata "tempe" dalam kalimat ini untuk membuat pengibaratan terhadap masa depan itu sendiri.

Masa depan merupakan sesuatu yang akan kita alami nanti, bukan sekarang. Memikirkan masa depan boleh, tetapi jangan sampai membuat kita risau sehingga jadi lupa untuk mempersiapkan masa depan nanti. Seperti sebuah pepatah; janganlah terlalu memikirkan sebuah jembatan hingga kita menyeberanginya. Maksudnya adalah jangan terlalu memikirkan sesuatu yang belum kita alami.

Kreatifitas dalam penggunaan kata yang mempunyai arti ganda atau lebih dari satu makna biasanya membuat kita harus pintar dalam memaknai kalimat tersebut. Jika kita tidak mampu memaknai kalimat yang diungkapkan maka bisa jadi kita tersendiri yang akan terjebak dalam pemaknaan kalimat tersebut.

Kata "tahu" hanyalah salah satu kata dalam kosakata bahasa Indonesia yang mempunyai makna lebih dari satu. Sama seperti bahasa - bahasa lain di dunia, penggunaan kata umumnya akan terlihat arti atau maknanya jika berbentuk kalimat. Berikut ini adalah beberapa kata bahasa Indonesia yang mempunyai makna lebih dari satu.

Sayang
Penggunaan kata dalam berbagai situasi akan mempunyai makna yang berbeda. Bila seorang suami atau istri yang memanggil pasangannya dengan sebutan "sayang" maka kata "sayang" mempunyai arti cinta atau kasih. Tetapi bila ada seorang penonton bola sedang menyaksikan pertandingan klub kesayangannya dan penonton ini mengungkapkan kata "sayang" maka arti kata "sayang" di sini adalah kecewa. Penggunaan kata "sayang" oleh penonton ini untuk mengungkapkan kekecewaannya terhadap situasi dalam pertandingan yang tidak sesuai dengan hasil yang dia inginkan.

Hati
Kata "hati" mempunyai arti yang sangat bervariasi. Kata "hati" bisa bermakna organ tubuh manusia bagian dalam, misalnya: hati ayam, hati dan jantung manusia, dan lain sebagainya.
Dalam penggunaan kalimat lain kata "hati" bisa bermakna sebagai perasaan. Misalnya;
- Orang itu tidak punya hati sehingga tega melakukan penganiyaan.
- Orang itu telah kehilangan hati sehingga mau melakukan kejahatan.

Jangan lupa bagikan pada teman-teman anda supaya bisa saling menambah penge"tahu"an :-)

No comments:

Post a Comment