Berbagi Informasi

Fildan, Tana Wolio Dan Lulo

Jumat malam 28 April 2017 atau malam sabtu bisa dikatakan sebagai malam promosi dan pertunjukkan kesenian Buton di acara D'Academy 4 Indosiar. Lagu tana wolio dinyanyikan oleh Fildan saat dirinya dan Stop Dance Crew (group dance dari Buton) membawakan tarian lulo, tarian khas Sulawesi Tenggara. Pada saat mereka sedang menari lulo ada beberapa komentator dan juri bahkan ikut bergabung dan menari bersama.

Baca: Fildan Rahayu, Kisah Semangat Yang Tak Pernah Padam

Sebelum Fildan dan Stop Dance Crew membawakan tari lulo dan lagu tana wolio, Fildan terlebih dahulu tampil dengan bermain gitar dan duet dengan German Dmitriev yang menggunakan biola. Tema penampilan kontestan D'Academy kali ini yaitu duet dengan musisi lain dan Fildan mendapat kesempatan untuk berduet dengan musisi asing ini. Fildan menggunakan gitar sedangkan German Dmitriev menggunakan biola. Penampilan keduanya membuat decak kagum juri, komentator dan para penonton.

 
Fildan saat duet dengan German Dmitriev. Photo from Youtube.

Setelah selesai duet dengan German Dmitriev, Fildan kemudian mendapat penilaian dari Juri. Setelah itu kemudian dilanjutkan lagi duet dengan Stop Dance Crew (group dance dari Buton) menyanyikan lagu tana wolio sambil bergoyang tarian lulo. Sungguh merupakan hal yang luar biasa lagu daerah bisa dinyanyikan secara bersama-sama dan disiarkan pada TV swasta nasional. Hal ini bisa dikatakan sebagai sarana promosi kesenian daerah secara gratis dan dalam lingkup yang cukup luas yaitu nasional karena ditonton secara langsung (live). Sebagai informasi harga iklan di media televisi nasional swasta sangat mahal. Jadi bisa dibayangkan betapa berharganya penampilan mereka ini.


Sebagai seorang kontestan dalam acara D'Academy 4 Indosiar, Fildan Rahayu atau yang biasa dipanggil Fildan menunjukkan penampilan yang semakin memukau dari waktu ke waktu. Entah sudah berapa belasan atau mungkin puluhan kali pujian yang diterima oleh Fildan. Mempertahankan performa yang menarik dengan memunculkan kejutan-kejutan kecil membuat para juri dan komentator selalu memberikan pujian tetapi juga tetap memberikan masukan yang berharga untuk kemajuan Fildan.

Tana wolio merupakan salah satu lagu daerah yang berasal dari Buton, Sulawesi Tenggara. Lagu tana wolio berasal dari kata "tana" yang berarti tanah dan "wolio" yang menggambarkan daerah atau wilayah kesultanan Buton. Saat ini wolio dijadikan sebagai nama kecamatan yang terletak dalam wilayah keraton kesultanan Buton. Sedangkan lulo merupakan tarian tradisional yang populer di Sulawesi Tenggara.

No comments:

Post a Comment