Berbagi Informasi

Pembukaan Jurusan Teknik Pertambangan Unidayan

Universitas Dayanu Ikhsanuddin atau Unidayan merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Perkembangan Unidayan dari waktu ke waktu semakin menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu perguruan tinggi yang terus berkontribusi dalam memajukan pendidikan tinggi di Kota Baubau. Beberapa kerja sama telah dijalin dengan pihak luar demi pengembangan pendidikan di Unidayan.

Teknik Pertambangan merupakan salah satu jurusan yang telah diusahakan untuk dibuka di Unidayan. Upaya pembukaan jurusan ini akhirnya membuahkan hasil dengan keluarnya SK MENRISTEK DIKTI. Pada hari Jumat, 28 April 2017 dilakukan serah terima SK MENRISTEK DIKTI No.213/KPT/I/2017 tentang pembukaan Jurusan Teknik Pertambangan Unidayan.

Teknik Pertambangan Unidayan
 Koordinator Kopertis Wilayah IX Prof. Dr. Ir. Hj. Andi Niartingsih, MP saat menandatangani surat serah terima SK Jurusan Pertambangan Unidayan, Foto: Dahmar, SKM, M.Kes

Penyerahan SK dilakukan oleh Koordinator Kopertis Wilayah IX Prof. Dr. Ir. Hj. Andi Niartingsih, MP kepada Rektor Unidayan Ir. H. LM. Sjamsul Qamar, MT di kantor Kopertis Wilayah IX Makassar. Pada acara serah terima SK pembukaan Jurusan Teknik Pertambangan ini turut hadir juga Ketua Yayasan Pembina Unidayan Hj. Waode Maasra Manarfa, S.Sos, M.Si dan Sekretaris Yayasan Pembina Unidayan Dinna Dayana LM. Malim, SH, MH.

Teknik Pertambangan Unidayan
Rektor Unidayan, Ir. H. LM. Sjamsul Qamar, MT saat menandatangani surat serah terima SK Jurusan Teknik Pertambangan, Foto: Dahmar, SKM, M.Kes

Hadirnya Jurusan Teknik Pertambangan di Unidayan merupakan salah satu pencapaian yang sangat berharga dan memberikan kesempatan yang baik untuk generasi muda yang ingin belajar tentang ilmu kebumian khususnya ilmu tambang. Seperti yang diketahui bahwa daerah Kepulauan Buton dan Sulawesi Tenggara merupakan daerah yang kaya akan bahan tambang seperti nikel, emas, aspal dan yang lainnya.

 Teknik Pertambangan Unidayan
Ketua Yayasan Pembina Unidayan Hj. Waode Maasra Manarfa, S.Sos, M.Si saat menandatangani surat serah terima SK Jurusan Teknik Pertambangan, Foto: Dahmar, SKM, M.Kes

Di harapkan dengan adanya Jurusan Teknik Pertambangan Unidayan ini akan menjadi titik terang untuk menghasilkan generasi muda yang mengerti dalam melakukan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi tambang yang ramah lingkungan, khususnya di wilayah Kepulauan Buton. Pemahaman yang baik dalam melakukan kegiatan pertambangan akan meminimalisir kerusakan lingkungan, habitat dan ekosistem yang lain.

Baca: Apa Itu Jurusan Teknik Pertambangan?

No comments:

Post a Comment