Berbagi Informasi

Potensi Wisata Pulau Kadatua (2)

Keindahan pulau Kadatua semakin tersingkap dengan makin banyaknya spot-spot yang di eksplor di pulau ini baik oleh masyarakat Kadatua sendiri ataupun oleh pengunjung dari luar Kadatua. Jika sebelumnya kita mengenal Kadatua dengan pasir putih Banabungi, pantai Mbanua Bonelalo dan Danau Teilalo maka pada sajian halaman ini akan memberikan informasi tambahan tentang spot-spot yang menjanjikan sebagai potensi wisata pulau Kadatua.


Beberapa tempat atau spot lain yang cukup menarik dan berpotensi sebagai tempat wisata di pulau Kadatua antara lain yaitu.

1. Kontu Mooha

Kontu Mooha terletak di desa Marawali, Kadatua. Lokasinya terletak di pinggir laut dan berada pada area barat pulau Kadatua. Kontu Mooha merupakan tempat yang mempunyai ciri khas dengan adanya batu gamping yang langsung bersentuhan dengan air laut. Bagi anda yang hobi berenang maka area ini patut anda coba. Jika musim ombak maka anda bisa menikmati deburan ombak secara langsung dari area ini. Pohon dan tanaman hijau yang tumbuh di kawasan ini ikut menambah keasrian dan keindahan wilayah ini.

Kontu Mooha, Kadatua, Foto: Awal

Hal yang paling menarik dari area ini adalah kita bisa menikmati sunset di sore hari sambil merasakan hembusan angin dan beningnya air laut di sebelah barat Kadatua. Silahkan lepaskan pandangan anda ke sebelah barat maka anda akan melihat bagaimana detik-detik matahari menghilang dan kemudian berganti dengan nuansa malam.

Bagi anda yang selalu sibuk dengan pekerjaan dan bahkan merasa waktu berjalan dengan begitu cepat, maka tidak ada salahnya anda coba untuk menyempatkan diri menikmati tempat ini sambil memandang matahari terbenam. Anda mungkin sudah lupa kapan terkahir kali melihat dan menikmati detik-detik matahari terbenam kan :-)

2. Tebing Labulengke

Labulengke adalah satu lokasi yang tidak kalah menarik dari area-area lain di pulau Kadatua. Labulengke bahkan bisa berpotensi sebagai masa depan wisata pulau Kadatua jika dikelola dengan baik. Labulengke merupakan tebing panjang yang terletak di sisi timur pulau Kadatua. Area labulengke dipenuhi oleh tumbuhan padang ilalang dan tumbuhan-tumbuhan hijau lainnya.

Tebing Labulengke, Kadatua, Foto: Awal

Tebing labulengke merupakan dinding batu gamping, yang mendominasi sisi timur pulau Kadatua. Dinding batu gamping ini begitu rapi memanjang dengan arah dominan utara-selatan pulau Kadatua. Kaki tebing lebulengke langsung bersentuhan dengan air laut yang segar dan berwarna biru. Ketinggian dinding tebing diperkirakan sekitar 10-15 meter.

Jika diambil garis lurus dari utara ke selatan maka labulengke akan mengubungkan wilayah desa Banabungi Selatan dengan desa Kapoa. Padang ilalang yang tumbuh di area ini membuat hawa sejuk dan asri. Panorama dinding tebing, sentuhan air laut, dan liukan tebing membuat pemandangan di labulengke sangat istimewah sekaligus mendebarkan karena faktor ketinggian antara puncak tebing dan laut.

No comments:

Post a Comment