Berbagi Informasi

2 Tips Dapat Tiket Pesawat Murah

Dalam berpergian dengan menggunakan pesawat, setiap orang pasti selalu berusaha untuk mencari tiket pesawat dengan harga yang semurah mungkin. Lain halnya kalau perjalanan anda dibiayai oleh kantor atau instansi tempat anda bekerja, maka anda tidak perlu pusing dengan harga tiket. Tetapi kalau perjalanan ini untuk kepentingan anda pribadi maka artinya tiket akan dibiayai dari uang anda sendiri.

Mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang murah selalu menjadi keinginan setiap orang. Bahkan orang kaya pun tetap berusaha untuk mencari tiket dengan harga yang serendah mungkin. Jadi bukan jaminan bahwa orang kaya tidak mencari sesuatu yang murah. Jangankan tiket pesawat, harga sayur atau buah-buahan di pasar pun akan di tawar oleh mereka, namanya juga manusia, normal ada tawar menawar.

Kita kembali ke pokok bahasan tentang tiket pesawat. Pada halaman ini kita akan mengulas dua tips tentang bagaimana memperoleh tiket pesawat dengan harga yang se-ekonomis mungkin. Inilah dua tips yang dianjurkan dalam membeli tiket pesawat agar memperoleh harga murah.
tiket pesawat murah
Foto: Modifikasi dari Pixabay

1. Satu atau Dua Bulan Sebelum Keberangkatan
Untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang murah, maka disarankan anda membeli tiket pesawat satu atau dua bulan sebelum hari keberangkatan. Perjalanan dengan pesawat sangat berbeda dengan kendaraan lain. Jika naik bis anda bisa membeli tiket saat naik bis maka kalau menggunakan pesawat anda harus membeli tiket jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan.

Semakin dekat dengan hari keberangkatan maka harga tiket akan semakin mahal. Sebaliknya semakin jauh rentang waktu beli tiket dengan hari keberangkatan, maka harga tiket akan murah atau semakin murah. Inilah rumus yang harus anda ingat bila anda ingin melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat.

Bagi anda yang muslim, pasti anda merasakan bagaimana mahalnya tiket saat mudik lebaran. Terkadang harga tiket pesawat naik dua kali lipat dari biasanya. Tips untuk anda khusus tiket lebaran yaitu belilah tiket mudik lebaran tiga bulan sebelum hari keberangkatan. Paling telat dua bulan sebelum keberangkatan. Jika anda membeli tiket mudik satu bulan sebelumnya maka sudah bisa dipastikan anda akan memperoleh harga yang mulai menanjak naik.

Bagi anda yang akan merayakan liburan akhir tahun di luar kota dengan menggunakan pesawat maka segera beli tiket jauh-jauh hari, jika tidak maka anda akan mendapat tiket yang super mahal. Saingan mendapat tiket murah libur akhir tahun sangat banyak, sehingga anda harus pintar, cepat dan tepat saat membeli tiket.

2. Pagi, Sore atau Malam
Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam membeli tiket pesawat yaitu timing saat membeli. Jam-jam saat membeli tiket pesawat perlu anda ketahui mana yang murah dan mana yang mahal. Umumnya tiket pesawat akan murah saat pagi, sore dan malam. Sangat tidak dianjurkan membeli tiket pesawat di saat jam 9 pagi ke atas hingga jam 4 sore.

Pada pagi hari sebelum jam 9 pagi sangat jarang atau sedikit yang memesan tiket pesawat sehingga pembeli tiket sangat sedikit dan menyebabkan tiket akan murah. Ingat hukum ekonomi, semakin banyak barang dipasaran maka barang tersebut akan murah, demikian juga dengan tiket yang dibeli saat jumlah pembeli sedikit. Umumnya tiket murah ini berada pada jam 6-9 pagi.

Kemudian di siang hari setelah di atas jam 9 pagi aktifitas manusia mulai padat termasuk pembeli tiket. Pada situasi ini harga tiket pesawat mulai beranjak naik dan mahal. Oleh karena itu tidak dianjurkan membeli tiket pada siang hari sampai dengan sore jam 4.

Aktifitas manusia terutama pekerjaaan kantor umumnya akan berakhir pada jam 4 sore. Bersamaan dengan itu harga tiket biasanya akan mulai turun. Tiket yang di book pada siang hari umumnya akan dilepas saat sore karena mengikuti transaksi pasar. Pada jam-jam seperti ini pemesan tiket akan sedikit, sehingga kesempatan untuk anda memesan tiket dan mendapat harga yang murah.

Untuk harga tiket yang dibeli pada malam hari bervariasi. Dan kurang lebih sama dengan kecenderungan pada siang hari. Jangan membeli tiket pesawat pada jam 7-8 malam. Pada saat-saat ini aktifitas pembelian mulai berjalan lagi setelah istrahat sore. Walaupun jam kantor berakhir pada jam 4 atau jam 5 sore tetapi agen-agen tiket umumnya akan mulai melanjutkan pekerjaan pada jam 7-8 malam. Anda bisa mendapat tiket di atas jam 9 hingga waktu subuh. Demikian tips membeli tiket pesawat yang murah, semoga artikel ini berguna untuk anda.

No comments:

Post a Comment