Berbagi Informasi

Jurusan Geofisika dan Teknik Geofisika

Geofisika merupakan salah satu disiplin ilmu yang mempelajari bumi dengan menggunakan kaidah-kaidah fisika. Geofisika berasal dari kata "geo" yang berarti bumi dan "physics" yang berarti fisik atau fisika. Dalam penjurusan di perguruan tinggi di Indonesia, Geofisika masuk dalam tiga kategori yaitu (1) sebagai jurusan atau program studi Geofisika, (2) sebagai jurusan atau program studi Teknik Geofisika (3) sebagai peminatan dalam program studi atau jurusan Fisika.

jurusan geofisika
Foto: qimono, pixabay

Beberapa contoh perguruan tinggi yang mempunyai jurusan atau program studi Geofisika, Teknik Geofisika dan peminatan Geofisika yaitu:
  • Jurusan atau Program Studi Geofisika; Universitas Hasanuddin (UNHAS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan yang lainnya.
  • Jurusan atau Program Studi Teknik Geofisika; Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Yogyarakarta, Universitas Lampung (UNILA), Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas Halu Oleo (UHO), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan yang lainnya.
  • Peminatan Geofisika; Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan yang lainnya.
Di Indonesia, jurusan Geofisika dan peminatan Geofisika umumnya masuk dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), sedangkan Teknik Geofisika biasanya masuk dalam fakultas tertentu tergantung dari perguruan tingginya, ada yang masuk di Fakultas Teknik, ada yang masuk di Fakultas Ilmu dan Teknologi Mineral, dan ada yang masuk dalam Fakultas Teknik Perminyakan dan Pertambangan.

Banyak yang menyangka bahwa geofisika adalah jurusan yang berkaitan cuaca, padahal tidak. Anggapan ini karena adanya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang identik dengan cuaca. Justru yang dikerjakan di BMKG sebenarnya malah lebih luas, antara lain perkiraan cuaca, iklim, maritim, gempa bumi, tsunami. Penggunaan ilmu geofisika di BMKG hanyalah salah satu aplikasi ilmu geofisika dari sekian banyaknya peran penting geofisika dalam kehidupan manusia. Peran geofisika di BMKG lebih untuk gempa bumi dan tsunami.

Baca juga:  Prospek Kerja Lulusan Geofisika

Ilmu yang dipelajari dalam geofisika secara garis besar terbagi atas dua yaitu (1) ilmu dasar fisika, dan (2) keahlian geofisika. Ilmu dasar fisika yang dipelajari dalam jurusan geofisika merupakan ilmu fisika murni yang nantinya akan digunakan untuk aplikasi ke dalam geofisika. Dari ilmu dasar fisika inilah akan lahir metode-metode geofisika untuk aplikasi yang lebih bermanfaat. Sedangkan keahlian geofisika adalah metode-metode geofisika yang harus dipelajari dan dikuasai untuk diaplikasikan dalam pekerjaan nyata (pekerjaan yang sesungguhnya).

Ilmu-ilmu dasar fisika yang dipelajari dalam jurusan geofisika antara lain; gelombang, termodinamika, medan elektromagnetik, dan lain sebagainya. Sedangkan ilmu yang dipelajari untuk keahlian geofisika antara lain yaitu metode seismik, metode magnet dan gravitasi, eksplorasi migas, eksplorasi geotermal, geofisika lingkungan, dan lain sebagainya.

Dari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan keahlian geofisika, maka para mahasiswa bisa memilih akan menekuni bidang apa yang disenanginya sesuai dengan lapangan pekerjaan yang diinginkan. Lulusan dari Geofisika, Teknik Geofisika atau Peminatan Geofisika bisa bekerja di perusahaan migas, tambang, bank, BUMN, dosen, bidang sipil dan keteknikan, dan yang lainnya.

Baca juga:   Gaji Lulusan Geofisika

No comments:

Post a Comment