Berbagi Informasi

Rahasia Karisma

Mengapa sebagian orang memberi pengaruh yang positif dalam waktu singkat kepada kita, sedangkan yang lainnya membangkitkan rasa kesal dan bahkan perasaan tidak suka? Mengapa sebagian orang seperti dilahirkan di bawah bintang keberuntungan sedangkan yang lainnya menjalani kehidupan yang sia-sia? Mengapa sebagian orang hidupnya terus terkenal, sementara yang lainnya tidak memiliki teman sama sekali?

Bagaimana mungkin seorang gadis petani berusia muda yang hanya sedikit memiliki harta dapat membangun pasukan tentara, menentang raja, membangkitkan kawan-kawannya yang telah kehilangan semangat dan ditakuti penentang-penentangnya? Bagaimana mungkin seorang anggota pasukan infantri Corsia bertubuh kecil, yang ukuran tingginya tidak memadai atau yang penampilan dan pembawaannya tidak memenuhi syarat sebagai serdadu tetapi bisa menjadi Kaisar dari separuh wilayah Eropa di zamannya?

Apakah anda mengetahui bahwa 80 persen dari para milyuner masa  kini berasal dari mereka yang berlatar belakang kehidupan kelas menengah ke bawah? Kita dikejutkan dengan prestasi-prestasi yang dicapai oleh para pelaku sejarah atau oleh mereka yang hidup sezaman dengan kita (teman sejawat, kawan atau sanak keluarga) yang begitu besar pengaruhnya kepada orang lain, sehingga ketika mereka membuka mulut, setiap orang nampak siap mendengarkan dengan penuh perhatian, tidak ingin melewatkan sepatah kata pun dari yang mereka katakan. Orang-orang yang demikian ini memiliki sesuatu yang disebut dengan karisma atau daya tarik yang memiliki pengaruh besar.

Orang yang memiliki daya tarik seperti ini, akan nampak tenang kemanapun mereka pergi. Mereka meninggalkan jejak yang penuh optimisme dan semangat di waktu sadarnya. Mereka tersenyum kepada anda, dan anda menjadi lupa akan kesulitan serta awan kelam yang mengantung di atas kepala anda. Keinginan mereka yang sederhana menjadi perintah suci bagi kita.

Mungkin anda telah melakukan penelitian atas salah seorang dari orang-orang ini, untuk mengetahui apa sebenarnya yang menyebabkan mereka dapat berbuat seperti itu. Dan pasti anda tidak berhasil. Mengapa? Sederhana saja, karena dalam hal ini memang tidak ada yang aneh sama sekali. Orang-orang yang memiliki karisma tidak berusaha untuk menarik perhatian, penghormatan, persahabatan atau cinta. Mereka menjalani kehidupan sesuai dengan keadaan mereka.

Karisma tidak ada hubungannya dengan atribut-atribut yang bersifat fisik. Ia memancar dari hati, dari jiwa dan batin seseorang, dan bukan dari jasmaninya. Tidak berbeda dari kekuatan-kekuatan besar lainnya, ia tidak dapat kita pikirkan. Tentunya, pertanyaan yang anda ajukan kepada diri sendiri adalah, "apakah karisma itu merupakan sifat yang sudah ada dengan sendirinya pada seseorang atau dapat diusahakan?"

Bagaimana menurut pendapat anda? Jika kita memeriksa buku-buku sejarah, kita akan menemukan ribuan orang yang memiliki karisma selain Joan of Arc dan Napoleon, yang kesemuanya telah mengakui bahwa mereka bekerja dengan sangat keras untuk mendapat daya tarik yang dapat mereka terapkan kepada orang-orang lain disekitar mereka.

Tidak ada alasan mengapa anda tidak dapat melakukan hal yang sama. Anda pun dapat memperoleh kepribadian yang memiliki daya tarik, yang memancarkan aura yang menambah daya bobot kepada tiap kata yang anda ucapkan, kepada tiap gerak anggota tubuh. Apa yang diperlukan hanyalah keinginan yang keras untuk berhasil.

Keterangan: Artikel di atas diambil dari Buku "Bagaimana Cara Mengembangkan Karisma & Daya Tarik Pribadi", Karangan Stephanie, Barrat-Godefroy. Artikel ini seyogyanya akan berlanjut dan akan memberikan informasi bagaimana mengembangkan karisma seseorang. Nantikan lanjutannya.

No comments:

Post a Comment