Berbagi Informasi

Strategi Indosiar Meraup Keuntungan Setelah Grand Final D'Academy

Dalam dua tahun terakhir acara-acara TV bertajuk pencarian bakat dengan menampilkan bakat-bakat tertentu semakin berkurang. Di bandingkan dengan lima atau enam tahun silam acara-acara seperti ini sangat banyak dan menjamur, bahkan waktunya bersamaan. Tetapi di tahun 2017 acara seperti ini gaungnya tidak terdengar, tetapi tidak untuk acara yang satu ini yaitu D' Academy 4 Indosiar, yaitu acara pencarian bakat musik dangdut.

Salah satu program Indosiar yang menampilkan acara pencarian bakat dengan mengusung musik dangdut sebagai komponen utamanya yaitu dangdut academy atau D'Academy. Tahun 2017 merupakan yang keempat kalinya acara ini diadakan. Yang menarik adalah penentuan peserta bagus atau tidak, akan bertahan atau tidak, bukan hanya ditentukan oleh Juri tetapi juga oleh sms penonton di seluruh Indonesia. Jadi sudah dapat dibaca bahwa ada aroma bisnis di acara ini.


Setelah melalui acara demi acara, grand final D'Academy 4 akhirnya menghadirkan dua orang finalis yaitu Fildan dari Baubau dan Putri dari Balikpapan. Konser grand final ini telah dilaksanakan pada hari Jumat malam, 12 Mei 2017. Acara konser grand final ini sangat ramai dengan menghadirkan alumni-alumni D'Academy 1, 2 dan 3. Disamping itu tampil pula para artis-artis lain yang membuat semakin meriah konser grand final D'Academy 4.

Hal yang sangat menarik dari konser grand final ini adalah tentang penentuan pemenang D'Academy 4. Seperti yang telah diinformasikan di awal bahwa penentuan pemenang akan ditentukan lewat jumlah dukungan sms terhadap Fildan dan Putri. Yang terbanyak sms dukungannya akan dinobatkan sebagai juara D'Academy 4 Indosiar. Hasil sementara pada jumat malam setelah konser grand final ini, sms tertinggi di raih oleh Fildan sebanyak 51.74 %, sedangkan Putri meraih sms 48.26%.

Yang cukup menggelikan adalah pengumuman hasil sms tertinggi akan dilakukan seminggu kemudian. Para pendukung dari dua kandidat juara ini secara tidak langsung, mau tidak mau harus terus mengirim sms agar jagoannya bisa memenangi program acara ini. Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah apa fungsi grand final kalau pengumuman hasilnya akan dilakukan seminggu kemudian? Lucu sekali kelihatannya. Definisi grand final pada acara ini menjadi abu-abu dan tak berarti.

grand final d academy indosiar
Foto: angelolucas, pixabay

Lagi-lagi aroma bisnis untuk meraup untung sebanyak-banyaknya sangat kental dan bahkan terkesan vulgar dilakukan oleh Indosiar dalam acara ini. Juara 1 dalam acara ini akan mendapat hadiah uang tunai Rp 250 juta dan 1 buah single sedangkan Juara 2 akan mendapat hadiah uang tunai Rp 100 juta. Nilai ini sangat kecil dibandingkan dengan keuntungan yang didapat oleh Indosiar. Pemasukan lewat iklan dan sms jumlahnya sangat besar di bandingkan dengan hadiah Juara 1 dan Juara 2.

Entah sampai kapan acara pencarian bakat dengan penentuan sms akan berakhir. Nilai-nilai seni menjadi kurang terasa karena jumlah sms menjadi acuan untuk lanjut atau berakhirnya perjalanan seorang peserta dalam acara seperti ini. Yang sangat disayangkan adalah masyarakat menjadi korban secara tidak sadar. Maksudnya adalah masyarakat terus mengirim sms untuk mendukung peserta jagoannya tanpa sadar bahwa dirinya telah masuk dalam perangkap bisnis bertopeng pencarian bakat.

OK. Mari kita kembali ke acara D'Academy 4 Indosiar. Pengumuman dan penentuan hasil sms terbanyak acara ini akan dilaksanakan seminggu setelah malam grand final. Sesuatu yang sangat lucu, lucu dan lucu. Definisi grand final adalah puncak acara dari berbagai macam rangkaian acara. Harusnya penentuan pemenang acara ini betul-betul dilaksanakan malam grand final.


Pertanyaannya adalah; Kenapa pengumuman hasilnya tidak dilaksanakan malam grand final? Kenapa harus ada istilah konser kemenangan dan menunggu seminggu setelah malam grand final? Apa yang dicari oleh Indosiar dalam waktu seminggu setelah malam grand final tersebut? Masih kurang banyakkah keuntungan yang di raih oleh Indosiar? Entah siapa yang harus bertanggung jawab atas pencarian keuntungan dengan jeda waktu seperti ini.

Salut sama Indosiar yang pintar memainkan bisnis pencarian bakat ini dengan membuat konser grand final dan selanjutnya konser kemenangan untuk pengumuman poling sms terbanyak. Walaupun terdengar aneh dan lucu ada istilah konser grand final dan penentuannya pemenangnya dilaksanakan seminggu setelahnya pada malam konser kemenangan.

No comments:

Post a Comment