Berbagi Informasi

Strategi Mourinho Berhasil Mengantarkan MU ke Liga Champions

Keberhasilan MU menjuarai liga eropa tidak lepas dari sosok Mourinho, pelatih MU saat ini. Di klasemen akhir premier league, MU berada pada posisi 6 dan masuk pada zona liga eropa untuk musim depan. Tetapi dengan suksesnya MU menjadi juara liga eropa maka secara langsung MU masuk ke liga champions musim depan, tanpa melalui babak play off.

Menjadi juara liga eropa merupakan satu-satunya tiket yang paling gampang untuk MU masuk ke liga champions musim depan. Dibandingkan dengan mengejar posisi tiga atau empat klasemen premier league, juara liga eropa dianggap mempunyai kans paling besar untuk MU. Dan akhirnya cara inilah yang ditempuh oleh Mourinho.

Pada akhir april 2017, situasi MU di papan klasemen premier league masih belum beranjak dari posisi 5 atau 6, bergantian dengan Arsenal. Pada saat itu MU dipastikan lolos ke semifinal piala liga eropa. Melihat poin papan klasemen yang begitu ketat untuk perebutan posisi 4 maka Mourinho akhirnya memutuskan untuk fokus di liga eropa dengan tujuan menjadi juara liga eropa yang mana secara otomatis memberi tiket langsung ke liga champions musim depan.

Perjudian MU yang fokus ke liga eropa mengakibatkan performa mereka di premier league menjadi ngos-ngosan. Untuk persiapan semifinal liga eropa melawan Celta Vigo, Morinho menurunkan skuad yang tidak maksimal di pertandingan premier league. Hasilnya sudah dapat ditebak, MU hanya mendapatkan hasil imbang saat pertandingan melawan Man City dan Swansea City. Setelah dua hasil imbang di premier league, MU berhasil memetik kemenangan di laga pertama semifinal liga eropa melawan Celta Vigo dengan skor 1-0.

Saat menunggu leg kedua semifinal liga eropa, MU harus bertanding melawan Arsenal di premier league. Lagi-lagi hasilnya sudah dapat ditebak. Mourinho menurunkan skuad yang tidak maksimal dan mereka mengalami kekalahan 0-2 saat melawan Arsenal di Emirates Stadium. Mourinho sengaja menyimpan skuad terbaiknya untuk melawan Celta Vigo di leg kedua semifinal liga eropa. Dan hasilnya mereka imbang dengan skor 1-1, tetapi hasil ini sudah membawa MU ke final liga eropa.

Di final liga eropa MU akan berhadapan dengan Ajax. Dan pada situasi ini, Morinho mulai fokus membenahi skuadnya agar tidak ada yang cedera, sehingga pada saat final nanti bisa maksimal saat pertandingan melawan Ajax. Pada beberapa pertandingan premier league sebelum final liga eropa, Mourinho terlihat menurunkan skuad yang bukan winning team. Hal ini memang disengaja oleh Mourinho.

Perjudian Mourinho dan MU akhirnya membuahkan hasil yang cemerlang. Saat laga final liga eropa Rabu 24 Mei 2017 (25 Mei Kamis dini hari WIB), MU berhasil mengalahkan Ajax dengan skor 2-0. Hasil ini langsung mengantarkan MU untuk berlaga di liga champions musim 2017/2018. MU akan berlaga di liga champions dengan wakil tim Inggris lainnya yaitu Chelsea, Tottenham Spurs, Man City dan Liverpool. Untuk Liverpool harus melakoni laga babak play off karena berada di peringkat empat premier league. Hanya peringkat satu hingga tiga yang bisa langsung berlaga di liga champions.

No comments:

Post a Comment