Berbagi Informasi

3 Faktor Penentu Kesehatan Manusia

Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi setiap orang. Tapi terkadang kita baru menyadari pentingnya kesehatan setelah kita terkena sakit. Pada saat dalam keadaan sehat kita umumnya tidak terlalu menjaga perilaku atau pola hidup. Biasanya kita lupa dan kebablasan dalam melakukan aktifitas sehingga tahu-tahu badan kita mulai tidak enak.

Hal yang paling mempengaruhi kesehatan manusia umumnya karena faktor makanan, perilaku dan pikiran. Tiga hal ini biasanya hal-hal yang sangat mendasar dalam keseharian seseorang. Perbedaan melakukan tiga faktor ini akan menghasilkan jenis kesehatan yang berbeda pula. Mari kita ulas satu per satu apa saja yang perlu kita perhatikan agar kita bisa mendapatkan kesehatan yang maksimal dalam keseharian kita.

3 Faktor Penentu Kesehatan Manusia
Ilustrasi. Gambar:Pixabay

1. Makanan

Tidak dapat diragukan lagi bahwa makanan merupakan salah satu faktor yang menentukan kesehatan manusia. Segala macam penyakit yang menimpa manusia berasal dari apa yang kita makan sehari-hari. Ada yang langsung terasa dalam hitungan bulan dan ada juga yang terasa penyakitnya dalam jangka waktu yang lama.

Sebenarnya makanan bukan sesuatu yang salah dalam kehidupan, tetapi cara atau pola makan kita yang keliru sehingga makanan yang kita makan ini seperti menjadi senjata makan tuan untuk kita. Salah satu penyakit akibat makanan adalah penyakit diabetes. Penyakit jenis ini umumnya disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah karena makanan.

Diabetes yang menimpa manusia umumnya disebabkan karena konsumsi karbohidrat yang berlebihan. Dalam pengertian masyarakat, karbohidrat identik dengan nasi, indomie atau kentang. Padahal secara lebih luas karbohidrat bisa terdapat di mana saja pada makanan yang mengandung kalori tinggi seperti roti, gandum, gula, teh manis, dan lain sebagainya.

Selain diabetes, salah satu penyakit lain yang juga disebabkan oleh makanan adalah kolesterol. Penyakit ini biasanya disebabkan karena kebanyakan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak seperti daging, telur dan sebagainya. Walaupun demikian tidak semua makanan yang berlemak mengandung kolesterol tinggi, jadi kembali lagi kepada setiap individu untuk mengetahui apa yang dimakannya.


2. Perilaku

Selain makanan, faktor lain yang menentukan kesehatan manusia adalah perilaku manusia itu sendiri. Perilaku ini lebih ke arah pola hidup yang berkaitan dengan gerak badan manusia. Apakah anda sering olahraga, malas gerak atau kebanyakan duduk dalam keseharian anda. Perilaku seperti ini yang akan mempengaruhi kesehatan anda baik secara cepat atau dalam jangka waktu lama.

Salah satu contoh perilaku buruk manusia yaitu malas gerak. Jika anda malas bergerak maka siap-siap anda akan terkena penyakit. Tubuh manusia didesain untuk melakukan gerakan setiap harinya. Gerakan badan manusia akan mempengaruhi kesehatan otot dan pikiran manusia. Malas gerak akan membuat kalori anda tidak terpakai dan akhirnya akan menumpuk banyak.

Kelebihan kalori akan membuat gula darah anda akan meningkat dan sekali lagi akan berujung pada berbagai macam penyakit terkait dengan gula darah. Selain itu jika anda mulai malas berolahraga maka siap-siap badan anda akan bereaksi melalui ciri fisik yang tidak akan anda sukai seperti perut buncit, badan melar dan sebagainya. Oleh karena itu penting bagi anda untuk melakukan gerak badan minimal jogging atau jalan santai.


3. Pikiran

Hal terakhir yang mempengaruhi kesehatan manusia adalah pikiran. Banyak orang menyepelekan tentang faktor pikiran dan kesehatan. Semakin anda banyak pikiran maka anda semakin memperburuk kesehatan anda. Ada baiknya anda sedikit mengontrol daya pikir anda agar tidak terlalu membuat stress dan emosi.

Stress merupakan salah satu faktor pemicu banyak penyakit yang tidak disadari oleh manusia. Salah satu penyakti yang timbul akibat stress dan emosi adalah diabetes. Pada saat anda stress dan emosi maka tubuh akan memproduksi epinephrine dan kortisol. Hal ini akan menyebabkan gula darah naik dan merupakan reaksi alami tubuh jika sedang stress dan emosi.

Jika anda stress dan emosi setiap hari maka gula darah secara alami juga akan terproduksi dengan banyak seiring semakin seringnya anda stress dan emosi. Bila ini terjadi dalam jangka waktu yang lama maka pada akhirnya anda akan terkena penyakit gula darah atau diabetes. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga pikiran anda agar mengurangi stress dan emosi.

No comments:

Post a Comment