Berbagi Informasi

Kadatua Akan Maju Pesat Jika Penuhi 5 Hal Ini

Pulau Kadatua sesungguhnya merupakan salah satu pulau yang mempunyai potensi pariwisata yang sangat menarik. Pulau ini menawarkan berbagai macam keindahan seperti pantai dengan hamparan pasir putih, deburan ombak, tebing yang indah, pantai dengan pemandangan matahari terbenam, danau yang asri dan berbagai macam potensi yang lainnya.

Walaupun mempunyai banyak potensi di bidang pariwisata rupanya pulau Kadatua belum didukung dengan fasilitas yang memadai. Mari kita lihat satu per satu apa saja fasilitas yang harus diperhatikan secara penuh di pulau Kadatua agar bisa berkembang maju dan pesat.

Kadatua Akan Maju Pesat Jika Penuhi 5 Hal Ini
Padang Ilalang di Labulengke Kadatua. Foto: Awal

1. Listrik

Persoalan listrik seperti sebuah lagu lama untuk masyarakat pulau Kadatua. Dekatnya jarak Kadatua dengan kota Baubau rupanya tidak menjadi jaminan bahwa pulau ini akan mendapat aliran listrik dengan baik. Jaringan lisrik PLN di pulau ini mulai masuk sekitar tahun 2001/2002 dan saat itu hanya bisa dinikmati oleh beberapa desa saja karena keterbatasan volume pembangkit listrik.

Saat ini di pulau Kadatua sudah terdapat jaringan listrik PLN tetapi masih ada beberapa desa yang belum terhubung dengan jaringan listrik ini. Selain itu permasalahan yang sering meresahkan warga yaitu mati lampu. Jika mati lampu menjadi hal yang sering terjadi maka jangan berharap wilayah ini akan maju pesat. Seringnya mati lampu di Kadatua turut mempengaruhi laju pergerakan ekonomi wilayah ini. Apalagi banyak kegiatan usaha warga yang tergantung dengan listrik.

2. Air Tawar

Sumur air tawar di pulau Kadatua hanya terdapat di Desa Uwemaasi dan Desa Lipu. Air tawar ini hanya dapat dinikmati oleh beberapa desa saja yang dekat dengan sumur air tawar ini. Desa lain yang jauh dari sumur air tawar hanya bisa mengandalkan sumur biasa dan air hujan untuk kebutuhan sehari-hari.

Desa-desa yang ada di pulau Kadatua sebagian besar terletak dekat dengan pantai dan laut. Hanya desa lipu yang terletak di atas bukit dan jauh dengan laut. Walaupun demikian Desa Lipu mempunyai sumur air tawar walaupun dengan kedalaman puluhan meter.

Kebutuhan pipa jaringan air tawar bersih menjadi hal yang harus diutamakan di Kadatua. Jika jaringan air tawar bersih bisa terhubung ke semua desa, hal ini kan mendorong majunya perekonomian Kadatua. Masyarakat di wilayah ini bisa menggunakan waktu dengan lebih efektif dan tidak perlu menghabiskan waktu untuk menimba air di sumur.

3. Jalan Beraspal

Jalan utama di Kadatua merupakan jalan penghubung antar desa. Jalan utama ini ada yang sudah teraspal tapi sebagian ada juga yang belum diaspal. Buruknya kondisi jalan yang berbatu bisa membahayakan masyarakat. Selain itu di beberapa tempat bahkan ada jalan di sisinya terdapat jurang atau tebing. Jadi perlu pembatas jalan agar tidak membahayakan pengguna jalan.

Rute jalan raya utama dari Desa Banabungi hingga Desa Kapoa mempunyai jalur melingkar di bagian barat pulau Kadatua. Jarak jalan utama yang menghubungkan kedua ujung Desa ini kurang lebih 20 km. Jadi sebenarnya hanya dibutuhkan anggaran nilai yang sangat kecil untuk mengaspal jalan raya ini. Jika semua sudah teraspal maka akan turut membantu kelancaran dalam aktifitas keseharian warga Kadatua.

4. Pasar

Sungguh aneh rasanya melihat pulau Kadatua yang sudah menjadi kecamatan tersendiri tetapi belum mempunyai pasar sendiri. Dahulu pada tahun 1990-an ada pasar di Desa Kaofe yang terletak di dekat area pantai Mbanua. Tetapi pasar tersebut tidak bertahan lama dan akhirnya bangunan pasar tersebut rusak dengan sendirinya.

Pasar harus diadakan dan mulai digerakan di pulau Kadatua, jika ingin wilayah ini mempunyai perekonomian yang maju. Sejarah membuktikan bahwa pasar membuat suatu wilayah maju dan berkembang. Selama ini masyarakat Kadatua sebagian besar berbelanja di Baubau dan tanpa disadari hal ini melemahkan ekonomi wilayah ini.

Kurangnya transaksi jual beli dan banyaknya uang yang keluar dari wilayah ini membuat ekonominya kurang maju. Ingat semakin banyak transaksi bisnis akan membuat ekonomi suatu daerah akan semakin maju. Pasar bisa dibuat di tiap desa atau di lokasi tertentu yang gampang di jangkau oleh masyarakat. Adanya pasar di Kadatua akan memacu masyarakat untuk berkreasi dan menjual hasil kreasi tersebut. Proses ini tanpa disadari akan membuat ekonomi Kadatua akan berkembang.

5. Kapal Feri

Hal yang tidak kalah penting dari empat hal di atas yaitu kapal Feri. Kebutuhan transportasi laut merupakan hal yang sangat penting di Kadatua. Dengan adanya Feri akan membantu para pedatang atau masyarakat luar Kadatua yang ingin jalan-jalan di Kadatua. Sulitnya membawa kendaraan seperti mobil dari Baubau ke Kadatua disebabkan belum adanya jalur reguler Feri.

Kendaraan roda dua seperti motor umumnya diangkut lewat kapal kayu ukuran kecil (jonson), yang mana secara safety ini sebenarnya agak mengkawatirkan karena kapal kayu ini tidak didesain untuk mengangkut motor. Jika Feri sudah tersedia bisa dipastikan akan berdampak positif bagi ekonomi Kadatua. Walaupun demikian pengadaan Feri juga harus disesuaikan jadwal operasionalnya agar tidak mengganggu pendapatan warga yang mencari nafkah lewat jasa penyeberangan Topa-Kadatua.

Baca juga informasi lainnya tentang Kadatua di: Informasi Seputar Kadatua


No comments:

Post a Comment