Berbagi Informasi

Kita adalah keturunan Nabi

Dalam ajaran Islam, manusia pertama yang ada di bumi adalah Nabi Adam dan istrinya Hawa. Nabi Adam merupakan nabi pertama sekaligus juga manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT, sedangkan Hawa adalah manusia kedua yang diciptakan oleh Allah SWT. Dari Adam dan Hawa inilah berkembang biak keturunan manusia hingga saat ini. Jadi secara tidak langsung setiap manusia yang ada di bumi adalah anak cucu dan keturunan Nabi Adam.

Penciptaan Nabi Adam dijelaskan dalam Al Qur'an Surat Al Baqarah Ayat 30; (Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".)

Dari ayat di atas terlihat bahwa Allah SWT hendak menciptakan manusia untuk menjadi khalifah di bumi. Para malaikat kemudian mempertanyakan keputusan Allah SWT tersebut dengan alasan bahwa khalifah yang akan diciptakan ini nantinya akan berbuat kerusakan dan menumpahkan darah, sedangkan para malaikat tersebut senantiasa bertasbih dengan memuji dan mensucikan Allah SWT.

Allah SWT kemudian menjawab pertanyaan malaikat dengan mengatakan bahwa Diri-Nya lebih tahu dari pada apa yang dipikirkan oleh para malaikat tersebut. Akhirnya Nabi Adam pun diciptakan oleh Allah SWT. Singkat cerita, Allah SWT kemudian menciptakan Hawa sebagai pendamping Nabi Adam. Mereka kemudian tinggal di surga.

Godaan yang dilakukan oleh Syaitan membuat Adam dan Hawa harus meninggalkan surga. Allah SWT mengatakan bahwa Adam dan Hawa boleh menikmati apapun, memakan apapun yang ada di surga kecuali mendekati pohon yang di larang oleh Allah SWT. Tetapi karena godaan Syaitan yang sangat licik akhirnya Adam dan Hawa tergelincir dan harus keluar dari Surga.

Kita adalah keturunan Nabi
Foto: Pixabay

Nabi Adam dan Hawa pun turun ke bumi. Dari sinilah kemudian manusia berkembang biak hingga sampai sekarang. Tinggi dan besar badan Nabi Adam sangat besar dan melebihi ukuran badan manusia saat ini. Umur Nabi Adam dan generasi yang paling dekat dengan Nabi Adam pun mempunyai rentang masa hidup yang sangat panjang. Pembahasan tentang ini nanti akan di ulas pada tulisan selanjutnya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca.

No comments:

Post a Comment