Berbagi Informasi

Mahalnya Rumah Di Jakarta

Mempunyai rumah merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang apalagi jika orang tersebut sudah berkeluarga. Walaupun demikian tidak semua orang bisa mempunyai rumah dengan gampang. Persoalan harga tanah sangat mempengaruhi keputusan orang untuk membeli rumah. Lokasi rumah yang akan dibeli juga sangat berpengaruh terhadap harga rumah.

Jika anda sudah berkeluarga, maka anda mau tidak mau harus mempunyai rumah. Anda mungkin bisa tinggal sementara dengan orang tua atau mertua, tapi ini mempunyai batas waktu tertentu. Umumnya perbedaan cara pandang terhadap sesuatu bisa mempengaruhi keutuhan rumah tangga anda, khususnya hubungan anda dengan orang tua atau mertua ketika mulai berbicara tentang urusan rumah tangga anda.

Mahalnya Rumah Di Jakarta
Kota Jakarta. Gambar:Pixabay

Berbicara tentang harga rumah maka tidak akan lepas dari harga rumah yang ada di Ibu Kota Indonesia yaitu Jakarta. Harga rumah di Jakarta umumnya bisa menjadi acuan harga rumah yang ada ditempat lain, artinya jika ada sebuah rumah berharga Rp 1 Milyar di Jakarta, maka di tempat lain dengan tipe dan luas tanah yang sama bisa diestimasi berapa harga rumah tersebut.

Umumnya harga rumah di luar Jakarta lebih murah dibandingkan dengan di Jakarta untuk ukuran rumah yang sama. Faktor lokasi rumah yang dekat dengan segala macam kebutuhan dan fasilitas yang membuat harga rumah di Jakarta ini sangat mahal. Mulai tahun 2012 atau 2013 harga rumah di Jakarta meningkat tajam. Akibatnya harga rumah yang ada di kota penyangga Jakarta seperti Depok, Bekasi, Tangerang dan Bogor juga melonjak tajam.


Saat ini harga rumah di jabodetabek bisa dikatakan sudah di luar normal. Sebagai contoh, ada sebuah brosur rumah di area cibubur timur dengan rumah yang mempunyai luas bangunan 22 meter persegi dan luas tanah 60-an meter persegi harganya sudah mencapai hampir 150jt. Ukuran 22 meter persegi kurang lebih mirip apartment ukuran studio. Coba anda bayangkan, uang Rp 150jt hanya bisa dapat rumah dengan ukuran seperti itu. Miris memang tapi itulah realita kehidupan yang ada di jabodetabek.

Yang menarik adalah walaupun tiap tahun selalu ada rumah yang di bangun tapi selalu ada saja yang membeli rumah tersebut. Ada yang membeli untuk dijadikan sebagai tempat tinggal dan ada juga orang membeli untuk di kontrakan (sewa). Mungkin inilah salah satu faktor kenapa harga rumah di jabodetabek selalu naik dari tahun ke tahun. Membeli rumah untuk disewakan membuat jumlah pembeli jadi membludak akhirnya harga rumah naik gila-gilaan.

Jadi buat anda yang ingin tinggal di jabodetabek maka berusahalah yang keras agar bisa menabung untuk bisa membeli rumah, minimal menyiapkan DP untuk dana awal. Selanjutnya carilah harga rumah dengan cicilan yang tidak memberatkan agar anda bisa menabung atau menyisihkan sedikit sisa gaji anda agar apabila anda butuh uang sewaktu-waktu anda tidak tidak terlalu susah atau kelabakan.

2 comments:

  1. Replies
    1. Janji kampanye memang gitu, sungguh manis. Tp belum tahu jg benar atau ga, nunggu realisasinya.

      Delete