Berbagi Informasi

Pedrosa Meraih Pole Position di Catalunya

Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa berhasil meraih pole position pada kualifikasi MotoGP Catalunya sabtu malam, WIB. Artinya Pedrosa akan mengawali balapan di Catalunya dari posisi paling depan. Di belakang Pedrosa ada Jorge Lorenzo yang berhasil memperoleh posisi nomor dua. Ini merupakan pertama kalinya Lorenzo mengawali balapan dari barisan depan dengan menggunakan motor Ducati.

Pedrosa Meraih Pole Position di Catalunya
Pembalap Honda Repsol, Dani Pedrosa, Foto: MotoGP


Selain Lorenzo, pembalap Ducati yang berhasil ada di barisan depan yaitu Danilo Petrucci (pembalap ducati satelit). Petrucci akan start dari posisi nomor tiga yang mana pada minggu lalu dia berhasil naik podium tiga di balapan Mugello. Sebagai pembalap yang menggunakan motor satelit Ducati, Petrucci dianggap mempunyai catatan waktu yang sangat mumpuni sehingga bisa mengekor Lorenzo dan Pedrosa.

Keberhasilan Pedrosa meraih posisi pole turut mempertegas kedigdayaan Honda sejak latihan bebas pada hari jumat hingga kualifikasi. Hanya pembalap Ducati (baik pembalap pabrikan dan satelit) yang bisa mendekati catatan waktu para pembalap Honda. Para pembalap Yamaha kesulitan menemukan setup motor yang ok sehingga catatan waktu mereka selalu berada di belakang para pembalap Honda dan Ducati.

Sejak latihan bebas para pembalap Yamaha baik pabrikan maupun setelit kesulitan memperoleh catatan waktu yang bagus. Yang menarik justru terjadi pada latihan bebas ketiga di mana hasilnya semua pembalap yamaha berada diluar 10 besar. Pada latihan bebas ke-empat Rossi sempat masuk di 10 besar. Tetapi tetap saja tidak menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Puncaknya terjadi pada sesi kualifikasi. Rossi dan Vinales ikut kualifikasi Q1 karena catatan waktu gabungan latihan bebas 1, 2 dan 3 berada di luar 10 besar. Pada saat kualifikasi Q1 Rossi dan Vinales sempat berdekatan catatan waktunya tetapi hasilnya justru Folger dan Vinales yang berada di dua catatan terbaik Q1 sehingga mereka bisa ikut di kualifikasi Q2. Alhasil Rossi akan start dari urutan 13 karena 12 pembalap lain masuk dalam kualifikasi Q2. Sesuai aturan MotoGP, para pembalap yang berada di luar dua besar dalam kualifikasi Q1 akan start balapan di belakang para pembalap yang ikut kualifikasi Q2.

Hasil kualifikasi Q2 sangat mengejutkan di mana tak ada satupun pembalap Yamaha yang berada di start barisan depan. Barisan pertama dan kedua dikuasai oleh para pembalap Honda dan Ducati. Bahkan pembalap Aprilia, Aleix Espargaro berhasil start dari posisi lima. Valentino Rossi yang berada pada posisi tiga Q1 akan start dari posisi 13 sedangkan Maverick Vinales masih lebih baik yaitu start dari posisi 9.

Jonas Folger, pembalap satelit Yamaha justru akan start dari posisi 8 sedangkan Johan Zarco akan start di urutan 14 tepat di belakang Valentino Rossi. Menarik untuk menyaksikan balapn besok, apakah ada pertarungan antara Honda dan Ducati, atau malah Dani Pedrosa akan kabur sendiri pada saat start balapan di mulai. Saksikan balapan MotoGP Catalunya, Jam 07.00 WIB di televisi kesayangan anda atau melalui live streaming.

No comments:

Post a Comment