Berbagi Informasi

Berpuasa Bisa Membuat Badan Lebih Sehat

Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang ada dalam kalender Islam. Pada bulan ini setiap muslim wajib melaksanakan shaum atau puasa, yaitu menahan diri dari makan, minum, dan perbuatan-perbuatan lain yang dapat membatalkan puasa. Pada saat berpuasa anda dituntut untuk tidak makan dan minum selama kurang lebih 13 jam. Untuk wilayah lain di luar Indonesia, durasi puasa berbeda-beda tergantung jam terbit dan terbenam matahari pada tempat tersebut.

Berbicara tentang puasa, tahukah anda bahwa dengan berpuasa kita bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Selama ini yang ada didalam pikiran kita bahwa berpuasa membuat lapar, haus dan hal-hal yang ada di dalam pikiran kita semua. Tapi mulai hari ini, saat ini juga camkan dalam pikiran anda bahwa berpuasa itu membuat badan sehat. Penasaran bagaimana puasa bisa membuat kita lebih sehat? Mari lanjutkan baca ulasan ini sampai tuntas.

Dalam ilmu kedokteran, setiap penyakit biasanya bersumber dari perut. Apa yang kita makan akan diproses oleh lambung kemudian gizi yang berupa protein, vitamin dan yang lainnya akan diserap oleh usus untuk kebutuhan tubuh kita. Kegiatan lambung dan usus ini terjadi terus-menerus tanpa henti setiap kita memasukkan makanan ke dalam perut.

Saat berpuasa maka organ pencernaan kita akan bekerja lebih ringan, tidak terlalu kerja keras seperti biasanya. Makanan yang kita masukkan dalam perut akan lebih maksimal diproses oleh lambung saat siang. Jika biasanya lambung menanggung beban berat karena banyak makanan di siang hari, maka dibulan puasa hal ini tidak terjadi. Hal ini membuat kinerja usus juga lebih maksimal dalam menyerap zat-zat makanan untuk tubuh. Proses ini membuat badan kita lebih sehat karena nutrisi makan terserap dengan baik.

puasa badan lebih sehat
Foto: Pixabay

Hal krusial selanjutnya yaitu berbuka puasa. Ingat, buka puasa adalah kesempatan terbaik memasukkan makanan yang gampang dicerna oleh tubuh, yaitu makanan yang mempunyai kandungan vitamin yang sangat banyak tapi selama ini tidak maksimal diserap oleh badan kita. Jenis makanan yang mudah dicerna tubuh yaitu buah-buahan.

Kesalahan terbesar kita adalah selalu makan buah setelah makan nasi atau makanan pokok lainnya. Istilah dalam masyarakt yaitu makanan cuci mulut. Ini cara makan buah yang tidak tepat. Buah adalah makanan yang harus dicerna secepatnya oleh tubuh dibandingkan oleh makanan lain. Jika lebih dahulu masuk makanan berat seperti nasi maka proses pencernaan buah akan terhalang dan terlambat.

Saat giliran buah akan dicerna oleh usus maka buah ini sudah tidak segar karena mengalami pembusukan dan fermentasi selama masa tunggu akibat terhalang oleh makanan berat yang masuk terlebih dahulu. Yang sangat disayangkan kemudian adalah vitamin yang terkandung di dalam buah menjadi berkurang bahkan hilang.

Oleh karena itu jika anda ingin berbuka puasa dengan buah maka makanlah buah ini sebelum anda mengkonsumsi makanan berat. Anda bisa mengkonsumsi buah pisang, semangka, pisang atau buah-buahan lainnya. Bahkan dalam Islam dianjurkan untuk berbuka puasa dengan buah kurma karena kurma mengandung sumber energi, protein dab vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Demikianlah informasi tentang puasa dan hubungannya dengan kesehatan. Semoga bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa bagikan artikel ini pada teman, saudara atau kelurga anda.

No comments:

Post a Comment