Berbagi Informasi

Rossi Menangi MotoGP Assen Belanda

Valentino Rossi berhasil menjuarai seri MotoGP yang berlangsung di Assen, Belanda pada hari minggu 25 Juni 2017. Keberhasilan Rossi mencapai podium teratas ini mendapat sambutan yang luar biasa dari para fans Rossi di seluruh dunia. Hal ini disebabkan karena Rossi sudah cukup lama belum memenangi seri MotoGP 2017.

Rossi Menangi MotoGP Assen Belanda
Selebrasi Rossi di Sirkuit Assen, foto: motogp.com

Jalannya balapan pada MotoGP Belanda sangat menarik. Rossi yang memulai balapan dari posisi start nomor empat langsung melesat merapat dengan para pembalap yang ada di barisan depan. Pada lap pertama saat melewati tikungan pertama Rossi langsung berada di posisi tiga, berada di belakang Marquez yang ada di posisi dua dan Zarco yang ada di posisi satu. Sedangkan Petrucci yang start dari posisi tiga harus rela disalip Rossi saat memasuki tikungan pertama.

Setelah melewati tiga lap, posisi pemnbalap yang ada di barisan depan yaitu Zarco, Marquez, Rossi, Petrucci memulai memisahkan diri dengan barisan pembalap yang di belakang mereka. Keempat pembalap ini mempunyai kecepatan yang sulit di jangkau oleh pembalap yang ada barisan kedua, khususnya Vinales yang start dari posisi 11.

Dari lap ke lap, Rossi yang ada di posisi tiga terlihat mempunyai kecepatan yang sangat stabil dan cenderung semakin cepat. Beberapa kali Rossi mempunyai jarak yang sangat dekat dengan Marquez tapi belum menyalip Marquez. Sedangkan Zarco yang memimpin balapan semakin nyaman di depan. Zarco berusaha menjauh dan melaju secepat mungkin mempunyai karena dirinya menggunakan ban soft sehingga lap-lap awal merupakan waktu yang tepat untuk lari dari pembalap yang ada di belakangnya.

Pada saat "16 lap to go" Rossi berhasil menyalip Marquez di tikungan pertama dan mengambil posisi dua.  Sedangkan Vinales yang start dari posisi 11 sudah berada di posisi 5, walaupun masih mempunya jarak sekitar 1 detik dengan Petrucci yang ada di posisi 4. Vinales terlihat berusaha sangat keras untuk mengurangi gap dengan pembalap yang ada di barisan depan.

Pada lap selanjutnya yaitu "15 lap to go" Rossi mengambil alih posisi terdepan dari Zarco. Artinya hanya berlangsung satu lap dengan saat Rossi menyalip Marquez. Kestabilan motor Rossi benar-benar teruji di Assen. Satu lap kemudian Vinales jatuh saat memasuki tikungan chichane Assen. Beruntung dirinya tidak dilindas oleh Dovisiozo yang ada di belakangnya.

Kemudian Zarco yang berada di posisi kedua disalip oleh Marquez. Setelah itu Zarco di salip lagi oleh Petrucci sehingga Zarco berada di posisi empat. Marquez yang ada di posisi dua terus berupaya mengejar Rossi yang ada diposisi satu. Usaha Marquez untuk menyalip Rossi tidak membuahkan hasil, yang terjadi malah dirinya disalip oleh Petrucci yang mengendari motor Ducati.

Urutan empat besar kini bertukar menjadi Rossi, Petrucci, Marquez, Zarco. Memasuki lap-lap akhir Rossi dan Petrucci menyajikan pertarungan yang sangat menegangkan. Kedua pembalap ini berduel untuk memperebutkan podium satu. Semakin menegangkan karena hujan mulai turun di sirkuit Assen. Zarco kemudian masuk pit mengganti motor. Posisi nomor empat pun segera diambil alih oleh Dovisiozo.

Walaupun hujan turun dan bendera putih mulai dikibarkan, Rossi dan Petrucci tidak mengganti motor. Bahkan mereka kini mulai terlibat pertarungan yang semakin seru. Petrucci akhirnya berhasil menyalip Rossi saat "5 lap to go". Saat Rossi dan Petrucci bertarung untuk posisi satu, di belakang mereka ada Marquez dan Dovisiozo yang juga bertarung memperbutkan podium tiga.

Pada "4 lap to go" Rossi berhasil menyalip Petrucci dan kembali berada di posisi satu balapan. Sementara itu di belakang mereka, Marquez dan Dovisiozo yang bertarung mulai diramaikan dengan kehadiran Cruthlow yang juga mengincari podium.

Saat memasuki lap terakhir pertarungan Rossi dan Petrucci semakin panas. Petrucci semakin membayang-bayangi Rossi bahkan jarak mereka semakin dekat. Sementara itu Cruthlow, Marquez dan Dovisiozo yang berebut podium tiga semakin rapat. Akhirnya saat memasuki garis finish Rossi berhasil mempertahankan posisi nomor satu dan Petrucci harus puas berada diposisi dua. Sedangkan Marquez berhasil memperoleh podium tiga setelah terlibat pertarungan dengan Cruthlow.

No comments:

Post a Comment