Berbagi Informasi

Semangat Usaha Vermak Pakaian Firdaus

Vermak Pakaian Firdaus merupakan usaha vermak pakaian yang dijalankan oleh Mas Roni di Kota Depok. Usaha yang dilakoni ini sudah cukup lama dan beberapa kali mengalami jatuh bangun sebagaimana layaknya sebuah usaha. Walaupun demikian ada kejadian yang membuat usaha ini hampir tutup. Sebelum anda tahu lebih lanjut tentang kisah hampir tutupnya usaha vermak levis ini, mungkin kita harus mengingat kembali sebuah usaha besar yang sekarang sudah bangkrut, yaitu Nokia.

Apakah anda tahu handphone Nokia? Atau jangan-jangan anda pernah pake Nokia. Yap, Nokia merupakan salah satu merek handphone yang cukup sukses di masanya. Kejayaan Nokia merajai pangsa bisnis handphone dapat dikatakan sebagai salah satu sejarah yang cukup kuat diingatan setiap orang yang menggunakan handphone.

Pada tahun 2000 hingga 2010 merupakan masa-masa indah Nokia di Indonesia. Tetapi kejayaan ini lama kelamaan mulai pudar dan akhirnya hancur berkeping-keping. Kehancuran Nokia sebenarnya bisa di atasi seandainya mereka bisa melakukan sedikit perubahan terhadap produk mereka. Tapi sayang, kurangnya inovasi yang mereka lakukan membuat produk mereka tergerus oleh produk baru yang lebih familiar di mata masyarakat.

Jadi apa hubungan antara Nokia dan Usaha Vermak Pakaian Firdaus? Hubungannya banyak tetapi mari kita ambil poin hubungan yang mudah dimengerti, yaitu tentang mau menerima perubahan atau adaptasi terhadap situasi. Pada periode tahun 2008-2009, mulai ramai orang-orang menggunakan Blackberry sebagai handphone canggih menyaingi Nokia pada masa itu. Tapi sayangnya Nokia tidak merespon itu dengan inovasi baru. Mereka hanya tetap menghasilkan handphone biasa tanpa menghadirkan fitur chat gratis sebagaimana dalam Blackberry dengan fiture BBM. Pada akhirnya kita semua tahu Nokia tumbang tak berdaya.

OK. Mari kita kembali dengan Vermak Pakaian Firdaus yang dijalankan oleh Mas Roni. Sebagaimana yang sudah diulas sebelumnya bahwa usaha ini mengalami pasang surut bahkan hampir tutup. Usaha ini sebenarnya sudah berjalan dengan nyaman di jalan Sawo, Margonda Raya, Depok. Area ini dekat dengan kampus UI Depok dan pada saat itu Mas Roni menyewa sebuah tempat dengan ukuran sekitar 3x4 meter.

Usaha di jalan Sawo ini berjalan lancar karena jalan Sawo merupakan lalu lalang orang ramai dan banyak mahasiswa yang tinggal di sekitar area ini, khususnya para mahasiswa yang kuliah di UI. Tetapi kemudian takdir berkata lain. Pemilik tempat yang di sewa Mas Roni ingin menjadikan rumahnya sebagai kost-kostan dan tempat yang disewa Mas Roni harus dilepas karena akan di gunakan sebagai bagian dari kost-kostan tersebut.

Setelah mencari kesana kemari akhirnya Mas Roni mendapat tempat usaha di area dekat stasiun UI, yang mana pada saat itu belum ada larangan berjualan di pinggir rel kereta tersebut. Ternyata usaha di area ini tidak berjalan dengan lancar. Area ini lebih di dominasi oleh penjualan pernak pernik dan kebutuhan kuliah. Apalagi area ini tidak bisa dilewati oleh mobil, sedangkan motor hanya sedikit karena bukan merupakan jalan untuk kendaraan.

Mas Roni sempat berpindah tempat walaupun masih di area dekat rel stasiun UI. Perpindahan tempat ini ternyata belum menjamin usaha lancar karena tempat yang baru ini  terletak di pojok sehingga kurang mendukung dan cenderung tertutup. Walaupun demikian usaha ini tetap di jalani oleh Mas Roni karena dirinya sudah lekat dengan area Sawo hingga stasiun UI.

Di saat sedang memikirkan bagaimana mengembangkan usaha vermak pakaian ini, ternyata muncul masalah baru yang menimpa Mas Roni. Masalah itu adalah adanya isu penggusuran oleh PT KAI yang melarang penggunaan areal dekat rel untuk usaha yang terjadi pada akhir tahun 2012. Isu penggusuran ini sangat menganggu pikiran Mas Roni. Area ini merupakan area yang sudah dihafal seluk beluknya oleh dirinya.

Pada akhirnya keputusan dari PT KAI tidak dapat di cegah. Usaha vermak pakaian Firdaus yang dijalani Mas Roni harus pindah dan angkat kaki dari area samping rel kereta stasiun UI. Mas Roni harus menjalani hari-hari tanpa pekerjaan karena belum mendapat tempat usaha. Kios-kios yang disewakan di jalan Sawo sebelum stasiun UI harganya sangat mahal bahkan hampir dua kali lipat.

Semangat Hidup! Itulah yang dipraktekan oleh Mas Roni. Dirinya tidak bisa terus menerus berdiam diri menerima keadaan. Dirinya tidak boleh seperti Nokia yang jatuh tenggelam. Dirinya harus bangkit dan berdiri menggapai apa yang telah dirintisnya. Mas Roni kemudian berusaha mencari tempat usaha untuk vermak pakaian. Rintangan dan hambatan datang bertubi-tubi tapi dirinya menelan bulat-bulat tantangan tersebut. Hingga akhirnya Mas Roni mendapat sebuah tempat untuk melanjutkan usaha vermak pakaian.

Vermak Pakaian Firdaus
Vermak Pakaian Firdaus, Foto: Mas Roni


Gang Mawar, Jalan Kober, Margonda Raya, Depok. Di sinilah akhirnya Mas Roni menancapkan semangatnya untuk kembali menjalankan usahanya. Air mata boleh mengalir tetapi semangat harus terus berkobar. Mas Roni pun mulai mencari identitas usaha vermaknya dan akhirnya menggunakan nama Firdaus. Vermak Levis Firdaus atau Vermak Pakaian Firdaus adalah sebuah nama usaha yang disematkan oleh Mas Roni yang diambil dari nama anak keduanya.

Pada awal merintis kembali vermak pakaian di Gang Mawar, Mas Roni harus beradaptasi dengan lingkungan baru. Apalagi saat itu pada tahun awal tahun 2013 Gang Mawar belum ramai seperti sekarang ini. Walaupun demikian dirinya tetap bersabar dan harus menjalaninya hingga akhirnya beberapa bulan kemudian usaha Vermak Pakaian Firdaus mulai dikenal dilingkungan tersebut. Apalagi Gang Mawar mulai ramai dengan banyaknya mahasiswa yang kost di area tersebut.

Keahlian Mas Roni dalam mengerjakan vermak pakaian patut diacungi jempol. Umumnya para pelanggan puas dengan hasil kreasinya. Rahasia kreasi Mas Roni terletak pada kemampuan dirinya mendengarkan kemauan pelanggan. Tidak lupa pula dirinya memberikan beberapa saran kepada pelanggan terkait pola vermak pakaian yang cocok dengan model badan orang tersebut.

Jika anda mempunyai pakaian yang tidak sesuai dengan badan anda maka tidak ada salahnya anda membawa pakaian anda ke Mas Roni. Pakaian anda bisa divermak sesuai dengan kemauan anda agar anda bisa memakain pakaian tersebut dengan nyaman. Selain hasil yang memuaskan anda juga bisa bertukar pikiran dengan Mas Roni, tentang kehidupan atau tentang apa saja termasuk bola khususnya liga inggris. Jadi, selamat melakukan vermak pakaian!

No comments:

Post a Comment