Berbagi Informasi

Solusi Banjir Kota Baubau

Banjir yang melanda kota Baubau beberapa hari yang lalu membuat kota ini mulai akrab dengan banjir. Ini adalah banjir yang kesekian kalinya melanda Baubau. Sebelumnya pada bulan maret lalu, genangan air juga membanjiri kota Baubau di beberapa tempat. Jika situasi ini dibiarkan terus-menerus maka bisa memperburuk kondisi lingkungan yang tergenang air.

Jalan dan tanah yang terendam oleh air akibat hujan mempunyai kemampuan daya serap yang terbatas. Apalagi jika genangannya terjadi di jalan yang beraspal maka ini akan berefek pada tergerusnya daya tahan aspal tersebut. Bagaikan efek bola salju, pada akhirnya lama kelamaan ini akan merusak aspal bila terjadi terus-menerus.

Kemudian air yang menggenangi lingkungan tempat tinggal warga akan membuat tanah jadi lembab dan akhirnya menjadi sarang penyakti. Hal ini akan merugikan masyarakat setempat, khususnya tempat yang mempunyai genangan air lebih dari tiga jam. Sampah kotor yang dibawa oleh air juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dan diwaspadai oleh masyarakat.

Persoalan kesehatan patut diwaspadai oleh masyarakat selain menunggu air kering atau surut. Banjir yang melanda kota Baubau tidak bisa dianggap sepele. Jika dibiarkan terus-menerus maka akan merugikan masyarakat dan bisa mempengaruhi ekonomi kota Baubau. Persoalan banjir ini harus segera diselesaikan sebelum meningkat levelnya menjadi banjir yang lebih besar.

Inilah tiga solusi yang bisa dikerjakan untuk penanganan banjir di kota Baubau.

1. Memasang U Ditch

U Ditch merupakan beton semen berbentuk U yang biasa digunakan pada selokan untuk saluran air. Penggunaan u ditch sangat diperlukan agar memperlancar jalannya air jika mempunyai volume yang lebih banyak. Di kota Baubau sangat perlu dipasang U Ditch salah satunya pada wilayah perempatan SMA 2 Baubau.

Daya serap alami di perempatan SMA 2 Baubau sudah mulai berkurang. Apalagi wilayah ini berbentuk cekungan yang mana merupakan area rendah dan titik kumpul air sehingga lama kelamaan dengan daya tampung yang terbatas pada akhirnya akan menghasilkan genangan dan banjir. Tidak ada kata lain, pemasangan U Ditch pada area ini sangat diperlukan.

Rute pemasangan U Ditch bisa di mulai dari titik perempatan menuju arah bataraguru, menyusuri jalan betoambari hingga tunggu kirab kemudian menuju arah jembatan bataraguru. Air yang di dalam U Ditch kemudian akan dialirkan ke sungai samping jembatan bataraguru.

2. Memompa Air Hujan

Solusi yang kedua yaitu memompa air hujan. Bila pemasangan u ditch masih lama dan belum bisa dilakukan secara cepat, maka solusi selanjutnya yaitu memompa air hujan yang menggenang pada area-area yang terkena banjir.

Pemompaan air pada saat banjir ini dilakukan dengan memasukkan air banjir ke dalam mobil pemompa air dan membuang air tersebut ke sungai. Solusi tipe ini berarti membutuhkan mobil pemompa air dan tenaga kerja untuk mengeksekusi proses pemompaan air hujan saat banjir.

3. Membuat Sumur Resapan

Sumur resapan bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam penanganan banjir di kota Baubau. Sumur resapan ini dapat dibuat pada area-area yang sering atau gampang terkena genangan air atau banjir. Dengan kedalaman 5-7 meter dan diameter sekitar 1 meter, ini sudah cukup untuk menampung volume air akibat banjir.

solusi banjir kota baubau
Perempatan SMA 2 Baubau. Foto: Anggun Putri Ode Basri (Facebook)

Jumlah sumur resapan yang dibuat harus disesuaikan dengan kondisi area banjir. Sebagai contoh misalnya di perempatan SMA 2; sumur resapan pada area ini bisa dibuat 1 atau 2 sumur. Sumur pada area ini dapat dibuat di titik pertemuan air hujan yang berasal empat simpang jalan. Sumur resapan dapat dibuat di titik yang tidak menghalangi lalu lalang orang dan kendaraan umum agar perawatan dan pemeriksaan sumur dapat dilakukan secara berkala.

Ketiga solusi di atas mungkin bukan solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan banjir kota Baubau, namun demikian solusi di atas bisa dikatakan sebagai solusi yang dapat dieksekusi dibandingkan dengan hanya melakukan pembiaran atas banjir yang melanda kota Baubau. Semoga penanganan banjir di kota Baubau bisa segera dilakukan.

No comments:

Post a Comment