Berbagi Informasi

Hidup Bukan Hanya Sekedar Makan

Berbicara tentang hidup berarti berbicara tentang apa yang ingin dicapai, apa yang ingin dituju dan apa yang ingin dinikmati atau rasakan. Apa yang kita lakukan setiap hari akan berujung dengan apa yang kita ingin makan. Lho...kok makan? Kenapa tiba-tiba langsung membahas masalah makan.

Ah, sudahlah jangan terlalu berpura-pura. Bekerja setiap hari, pergi dan pulang kerja ujung-ujungnya untuk makan juga. Iya gak? Harusnya kamu jawab iya dan memang betul. Pergi pagi pulang sore bahkan malam semuanya untuk cari makan. Tapi benarkah bekerja hanya untuk cari makan?

Bekerja untuk mencari makan adalah pemikiran yang lumrah tapi sebenarnya bisa dikatakan sebagai pemikiran kuno. Dalam hubungan manusia dengan sang Pencipta, bekerja merupakan suatu kegiatan yang bernilai ibadah, bukan hanya sekedar cari makan. Sebagai contoh; seorang guru yang mengajar di sekolah, setiap bulan dia mendapat gaji. Sejatinya guru ini bukan hanya mendapat gaji tetapi juga mendapat pahala atas kegiatannya mengajar di sekolah tersebut.

Hidup Bukan Hanya Sekedar Makan
Foto Ilustrasi: Pixabay/nevena_minova

Hidup ini bukanlah hanya tentang apa yang kita makan. Hidup ini bukan sekedar apa yang kita dapatkan. Lebih dari itu hidup ini haruslah bermanfaat untuk orang lain. Seberapa besar manfaat kita untuk orang lain, seperti itulah hidup yang sebenarnya. Jika anda merasa belum mendapatkan apa yang diinginkan dalam hidup ini maka cobalah rubah pemikiran ini. Cobalah berpikir tentang apa yang harus anda lakukan agar bermanfaat untuk orang lain.

Sebaik-baik manusia adalah yang berguna untuk sesamanya. Pernah dengar kalimat ini? Ya anda pasti pernah dengar dan mungkin lupa. Tapi tidak apa-apa, itu normal sebagai manusia biasa. Yang penting anda mulai mengingat kembali bahwa berguna untuk orang lain adalah sesuatu yang harus anda biasakan.

Apalah artinya anda mempunyai harta yang banyak tapi harta itu hanya anda nikmati untuk anda sendiri. Bagilah sedikit harta itu untuk keluarga atau orang lain. Anda tidak akan miskin hanya karena berbagi harta. Bermanfaatlah untuk sesama manusia.

Malulah kepada Tuhan yang telah memberi anda harta yang berlebih tapi anda masih sibuk menimbun-nimbun harta tanpa mau berbagi dengan sesama. Jika anda sudah tidak punya malu terhadap Tuhan, lalu apa gunanya anda hidup sebagai manusia. Bagilah sedikit harta yang anda miliki, maka anda akan merasakan kebahagian yang berbeda dibandingkan dengan hanya menyimpan sendiri. Jadi mulai sekarang biasakanlah selalu berbagi dengan sesama, minimal berbagi senyum dan kebaikan.

No comments:

Post a Comment