Berbagi Informasi

Inilah Penyebab Warga Jakarta Gampang Sakit

Hei kamu warga Jakarta. Ya kamu, jangan lagi tengok kanan tengok kiri. Kamu yang suka ngomong gue loe gue loe. Ada informasi yang patut kamu ketahui, cermati dan pahami. Informasi apa itu? Yaitu informasi tentang kesehatan untuk kamu. Ya, untuk kamu yang tinggal di Jakarta. Tempat di mana kamu mencari nafkah dan hidup menjalani kehidupan sehari-hari.

Penyebab Warga Jakarta Gampang Sakit
Kota Jakarta

Tahukah kamu bahwa ada dua bahaya penyakit yang mengintai kamu sehari-hari. Penyakit ini ibarat teroris yang membayangi kamu setiap hari. Kamu lengah sedikit saja, maka bom! Kamu akan langsung gampang terserang sakit. Mulai dari penyakit yang ringan-ringan seperti flu, sakit kepala hingga yang berat. Ayo lanjutkan baca kenapa hal ini bisa terjadi di Jakarta. Ini penyebab utama kenapa warga Jakarta akan mudah terserang penyakit.

1. Udara Kotor

Udara kota Jakarta saat ini bisa dikatakan sebagai udara paling kotor se-Indonesia bila dibandingkan dengan kota-kota lain. Polusi kota Jakarta sudah berada pada ambang yang sangat mengkhawatirkan. Makanya jangan heran bila kamu keluar rumah atau berangkat kerja kamu akan melihat banyak orang yang menggunakan masker.

Bagi kamu yang berangkat kerja atau keluar rumah menggunakan kendaraan umum maka wajib perhatikan moda angkutan transportrasi yang kamu gunakan. Kalau kamu menggunakan ojek online maka sebaiknya kamu pakai masker hidung untuk melindungi kamu saat menghirup udara. Bila menggunakan busway maka penggunaan masker tidak terlalu mendesak.


Selanjutnya, udara kotor juga tidak hanya dijumpai di jalan raya. Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, maka kamu wajib hati-hati dengan AC mobil kamu. Saat menyalakan AC sebelum menjalankan mobil, sebaiknya kamu buka jendela mobil kamu agar ada sirkulasi udara. Jika tidak maka kamu akan menghirup udara yang lebih kotor lagi.

Udara dari AC yang dinyalakan saat pertama kali di dalam mobil akan membuat debu-debu dan kotoran yang menempel dalam mobil seperti jok atau dinding kaca akan berterbangan dalam ukuran mikro. Jika kamu tidak membuka jendela maka debu-debu kotor ini akan terhirup dalam tubuh tanpa kamu sadari.

2. Sumber Makanan Yang Tidak Terjamin Kesegarannya

Hidup di Jakarta itu katanya enak. Apa-apa sudah tersedia. Tapi permasalahannya adalah siapa yang akan menjamin bahwa sayur yang kita beli di pasar merupakan sayur segar yang baru dipetik hari ini juga. Siapa yang bisa memastikan bahwa ikan, ayam atau daging yang kita beli di pasar masih segar dan layak dikonsumsi.

Jika melihat berita di televisi, kadang-kadang disiarkan bahwa ada yang menjual baso tapi ternyata dagingnya boraks atau dicampur dengan daging lain yang bisa merusak kesehatan. Apalagi sekarang banyak beredar isu tentang beras dan buah plastik. Sungguh mengerikan hidup di kota Jakarta jika tidak bisa mengontrol apa yang dimakan dalam keseharian kita.


3. Malas Gerak

Hal ketiga yang bisa menyebabkan orang Jakarta akan gampang sakit adalah karena malas gerak. Berangkat kantor, dalam perjalanan duduk di motor, bis atau mobil. Tiba di kantor bekerja duduk seharian, sesekali berjalan di dalam kantor untuk keperluan tertentu. Pulang ke rumah sudah tidak sempat berolahraga. Jika hal ini terjadi terus-menerus maka siap-siap penyakti akan menyerang.

Malas gerak atau mungkin sebenarnya kurang gerak adalah salah satu fenomena yang sudah umum di perkotaan di negara mana pun. Apalagi di Jakarta dengan macet dalam perjalanan maka membuat orang-orang semakin lama duduk diam dalam perjalanan. Hanya orang-orang tertentu yang ingin sehat yang tetap menyempatkan diri untuk berolahraga saat pulang kantor atau akhir pekan.

No comments:

Post a Comment