Berbagi Informasi

Jangan Sepelekan Buah Jeruk

Selama ini banyak orang menganggap jeruk hanya dijadikan sebagai makanan penutup alias makanan cuci mulut. Biasanya orang makan jeruk untuk menghilangkan aroma kurang enak sehabis makan dengan menu seperti ikan, jengkol dan makanan berbau lainnya. Dalam bahasa singkatnya, jeruk hanya dijadikan sebagai makanan penghilang bau.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan apa yang telah dilakukan oleh orang pada umumnya tersebut. Penggunaan jeruk untuk menghilangkan aroma sudah menjadi hal yang biasa. Bahkan di warung atau supermarket banyak dijual cairan pencuci piring yang mengandung ekstrak buah jeruk. Keampuhan aroma jeruk memang bisa menghilangkan bau yang tidak sedap.

Buah Jeruk
Buah Jeruk. Gambar:Pixabay/Sponchia

Buah jeruk sebenarnya bukan hanya sebagai penghilang aroma. Lebih dari itu buah jeruk dapat membuat badan anda lebih sehat dari pada yang anda bayangkan sebelumnya. Kandungan vitamin yang terdapat pada sebutir jeruk sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Sehingga saat makan buah jeruk sesungguhnya anda sedang memasukkan vitamin ke dalam badan anda.

Berapa jumlah jeruk yang harus dimakan agar badan anda sehat? Cukup sebutir jeruk sehari, itu sudah cukup membantu untuk menjaga tubuh anda dari serangan polusi, debu, virus dan radikal bebas lainnya. Kandungan vitamin C yang ada dalam buah jeruk sangat banyak dan merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Coba perhatikan diri anda. Kapan anda terakhir makan buah jeruk. Dan amati lagi bagaimana perkembangan kesehatan anda, khususnya flu dan batuk. Dua penyakit ini merupakan penyakit yang sering mengganggu banyak orang, apalagi anda yang sering beraktifitas di luar rumah. Coba sekali-sekali anda membuat perbandingan tentang kesehatan dan daya tahan tubuh anda saat mengkonsumsi buah jeruk dan tidak. Anda pasti akan melihat perbedaannya, apalagi saat aktifitas lagi padat.


Makan buah jeruk minimal dua atau tiga kali seminggu bisa melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh anda. Radikal bebas yang masuk bisa bermacam-macam seperti asap kendaraan, asap rokok, debu jalanan, dan lain sebagainya. Anda tidak tahu apa saja yang anda hirup di luar rumah. Sebutir jeruk bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda terhadap serangan penyakit seperti flu dan yang lainnya.

Selain manfaat daging buahnya, kulit jeruk juga bermanfaat untuk pernapasan. Kulit jeruk mempunyai aroma yang sangat khas dan membuat pernapasan menjadi segar. Coba anda pegang kulit jeruk yang sudah dikupas lalu cuci tangan anda setelah itu cium tangan anda. Maka anda akan merasakan aroma segar dari tangan anda akibat cairan segar dari kulit jeruk.


Anda dapat memanfaatkan aroma segar kulit jeruk untuk kesegaran ruangan atau kamar tidur. Untuk menikmati aroma segar dari kulit jeruk, anda dapat mencuci kulit jeruk yan telah dikupas. Setelah itu siapkan sebuah wadah seperti piring atau wadah plastik lalu isikan dengan air secukupnya. Kemudian taburkan atau simpan kulit-kulit jeruk yang telah anda cuci tadi ke dalam wadah berisi air ini. Kulit jeruk yang berada dalam wadah berisi air tadi akan mengeluarkan aroma segar di dalam kamar anda.

Jadi mulai sekarang biasakan untuk mengkonsumsi buah jeruk. Buahnya murah dan gampang diperoleh disekitar kita. Rasakan manfaat buah dan kulit jeruk untuk kesehatan anda. Jangan lupa bagikan informasi ini untuk teman-teman dan keluarga. Berbagi itu indah, sehat itu bahagia.

No comments:

Post a Comment