Berbagi Informasi

Jika Ada Penerimaan CPNS, Lulusan Dari Jurusan Ini Sangat Dibutuhkan Di Busel (Part 1)

Sebagai daerah otonomi baru (DOB), Kabupaten Buton Selatan (Busel) membutuhkan banyak tenaga kerja yang tepat agar wilayah ini bisa berkembang sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat Buton Selatan. Potensi sumber daya alam dan kondisi Buton Selatan dari segi pendidikan, budaya, ekonomi dan yang lainnya membuat banyak sekali lulusan perguruan tinggi untuk mengisi area-area penting agar wilayah ini bisa maju.

Jika Ada Penerimaan CPNS, Lulusan Dari Jurusan Ini Sangat Dibutuhkan Di Busel (Part 1)
Foto Ilustrasi: Pexels

Dari pertimbangan kondisi daerah Buton Selatan, inilah jurusan-jurusan dan pendidikan profesi yang lulusannya sangat dibutuhkan untuk ditempatkan di Kabupaten Buton Selatan.

1. Perikanan dan Kelautan

Jurusan Ilmu Perikanan dan Kelautan merupakan dua jurusan yang saling berkaitan dan sangat dibutuhkan di Kabupaten Buton Selatan. Wilayah ini mempunyai laut yang sangat luas dengan potensi ikan dan terumbu karang yang bagus. Lulusan dari kedua jurusan ini sangat diperlukan agar pemanfaatan potensi laut Buton Selatan bisa lebih maksimal. Lulusan jurusan Perikanan dan Kelautan juga akan lebih memahami keluh kesah para nelayan dibandingkan dengan lulusan dari jurusan lain.

2. Pertanian dan Kehutanan

Selain wilayah laut, Kabupaten Buton Selatan juga mempunyai potensi dari hasil tani dan hutan. Lulusan dari jurusan Pertanian dan Kehutanan sangat dibutuhkan di Buton Selatan untuk memastikan potensi pertanian dan hutan wilayah ini bisa mensejahterakan rakyat. Sebagai contoh, jeruk Siompu bisa dijadikan sebagai salah satu buah untuk dikembangkan di wilayah Buton Setalan. Kemudian jayu jati yang ada di Sampolawa bisa dikembangkan dan diminimalisir penebangannya agar tidak merusak lingkungan.

3. FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)

Lulusan dari FKIP atau Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan merupakan lulusan yang sangat dibutuhkan di Buton Selatan. Kebutuhan tenaga pengajar atau guru di wilayah ini perlu diperhatikan agar penyebarannya bisa merata. Sebagai salah daerah otonomi baru, pendidikan merupakan salah satu yang harus diutamakan agar pembangunan manusia bisa sejalan dengan pembangunan wilayah.

4. Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kebidanan, Keperawatan, Kesmas dan Farmasi

Tenaga kesehatan seperti dokter, dokter gigi, bidan, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya termasuk lulusan ilmu kesehatan masyarakat merupakan jurusan-jurusan yang sangat dibutuhkan lulusannya untuk mengabdi di Buton Selatan. Tenaga kesehatan ini sangat dibutuhkan terutama untuk mengisi Puskesmas yang ada di Buton Selatan.

Kemudian lulusan dari farmasi dan apoteker akan bekerja sama dengan para tenaga kesehatan lainnya akan membuat pelayanan masyarakat dari segi obat-obatan lebih terjamin. Pasokan obat yang cukup akan membuat masyarakat lebih tenang saat berobat di Puskesmas.

5. Pariwisata dan Lingkungan

Lulusan jurusan Ilmu Pariwisata merupakan salah satu jurusan yang sangat dibutuhkan di Buton Selatan. Potensi pariwisata di Buton Selatan perlu ditangani dengan baik agar bisa lebih maksimal. Kemudian lulusan dari jurusan Ilmu Lingkungan juga sangat dibutuhkan agar potensi-potensi sumber daya alam di Buton Selatan bisa bermanfaat untuk rakyat tetapi kelestariannya tetap terjaga.

Kondisi wilayah Buton Selatan dengan berbagai macam potensi alam dan jarak wilayah yang cukup jauh antara satu dengan yang lainnya membuat masih ada beberapa atau bahkan banyak jurusan untuk mengisi pos-pos pekerjaan dalam pembangunan Buton Selatan.

Untuk jurusan-jurusan lainnya yang di butuhkan Buton Selatan, baca lanjutannya di bagian kedua:
Jika Ada Penerimaan CPNS, Lulusan Dari Jurusan Ini Sangat Dibutuhkan Di Buton Selatan (Part 2)

No comments:

Post a Comment