Berbagi Informasi

Lorenzo Masih Beradaptasi Dengan Ducati

Pencapaian Lorenzo bersama Ducati masih jauh dari kata memuaskan. Setelah melewati pertengahan balapan di musim 2017, Lorenzo hanya mampu berada di posisi 9 klasemen dengan poin 65. Hasil ini cukup mengejutkan mengingat Dovisiozo rekan setim Lorenzo di Ducati justru mampu berada di papan atas yaitu posisi tiga klasemen sementara.

Membandingkan pencapaian Lorenzo dengan Dovisiozo memang agak kurang bijak karena Dovisiozo lebih dahulu berada di tim Ducati sehingga dirinya bisa mengenal dengan baik seluk beluk motor Ducati. Selain itu Dovisiozo juga ikut dalam pengembangan motor Ducati dalam dua tahun terakhir, sehingga pemahamannya tentang Ducati jauh lebih banyak dibandingkan dengan Lorenzo.

Faktor lain yang juga membuat Lorenzo kesulitan di Ducati yaitu cara mengendarai motor. Gaya membalap Lorenzo yang cenderung membawa motor dengan halus sebenarnya agak bertolak belakang dengan karakter Ducati. Desmosedici, sebutan motor Ducati di motogp, selama ini dikenal dengan karakternya yang liar dan mempunyai tenaga yang sangat besar. Hal ini membuat rider harus beradaptasi dan menyesuaikan gaya balapnya dengan motor Ducati.

Lorenzo yang terbiasa dengan motor Yamaha akhirnya mengalami kesulitan saat mengendarai motor Ducati. Karakter motor Yamaha berbeda dengan Ducati. Lorenzo mengatakan bahwa saat mengendarai motor Yamaha dirinya tak pernah menggunakan rem belakang, tetapi saat menggunakan Ducati mau tak mau dia harus menggunakan rem belakang demi mendapatkan kestabilan motor saat kecepatan lambat atau menikung.

Sampai saat ini baru Stoner yang bisa menaklukan motor Ducati. Stoner bahkan bisa menggapai juara dunia motoGP dengan menggunakan motor Ducati. Beberapa pembalap ternama pernah mengendarai motor ini tetapi belum membuahkan hasil yang memuaskan. Seorang Valentino Rossi bahkan hanya mampu mencapai podium dua saat berseragam Ducati. Jadi wajar jika Lorenzo hanya mampu mencapai posisi 9 di awal paruh musim ini.

Lorenzo saat naik podium tiga di Jerez
Lorenzo saat naik podium tiga di Jerez, Foto: Twitter/Lorenzo99pics

Pencapaian terbaik Lorenzo sejauh ini yaitu podium tiga saat balapan di Jerez, Spanyol. Hasil ini sebenarnya ikut terbantu dengan buruknya performa motor Yamaha di sirkuit ini. Walaupun demikian hasil ini patut mendapat acungan jempol karena pada saat itu hanya Lorenzo satu-satunya pembalap Ducati yang bisa naik podium.

Adaptasi Lorenzo sepertinya masih akan terjadi saat balapan paruh musim kedua nanti. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan Lorenzo. Gap poin di klasemen motoGP antara dirinya dengan Dovisiozo terlalu jauh. Lorenzo harus bekerja keras dan membuktikan bahwa dia adalah orang yang tepat berada di garasi Ducati. Dirinya harus membuktikan kepada semua orang bahwa dia mampu bersaing dalam kejuaraan dengan motor Ducati.

No comments:

Post a Comment