Berbagi Informasi

Mau Kuliah Jurusan Apa

Setiap tahun para lulusan siswa sekolah menengah selalu berlomba-lomba untuk mencari jurusan kuliah yang sesuai dengan keinginan dan minat mereka. Bulan Mei hingga Agustus merupakan bulan-bulan yang menyibukkan bagi para lulusan atau alumni sekolah menengah ini. Jika kamu baru lulus pasti banyak yang bertanya; mau kuliah di mana, jurusan apa, dan berbagai macam pertanyaan lainnya.

Mau Kuliah Jurusan Apa
Foto Ilustrasi: Pixabay.

Lulusan SMA/SMK yang ingin kuliah umumnya terbagi dua kategori; (1) sudah menetapkan jurusan dan (2) belum menetapkan jurusan. Kategori yang pertama biasanya sudah menetapkan target jurusan yang dikejar ini sejak jauh-jauh hari. Mereka juga umumnya sudah menyiapkan rencana jurusan cadangan jika jurusan target utama tidak tercapai. Sedangkan lulusan kategori yang kedua biasanya masih bingung untuk masuk ke jurusan apa. Mereka masih berdiskusi dengan orang tua dan teman-temannya kira-kira jurusan apa yang bagus untuk mereka.

Untuk kamu yang baru lulus sekolah menengah atau ada saudara kamu yang hendak masuk kuliah maka lanjutkan baca ulasan artikel ini hingga tuntas. Ada sebagian siswa saat ini mengambil jurusan kuliah tanpa tahu bagaimana prospek jurusan itu ke depannya. Ada yang mengambil jurusan karena ikut-ikutan teman dan ada juga yang mengambil jurusan karena melihat faktor kren agar dianggap gaul.

Memilih jurusan kuliah memang gampang-gampang susah. Gampangnya yaitu kamu tinggal daftar, ikut test, tunggu hasil test, selesai. Susahnya yaitu kamu ingin lulus dijurusan itu, kamu harus belajar untuk persiapan test, kamu harus menjawab soal test dengan benar, kamu harus meyakinkan diri sendiri bahwa jurusan yang kamu pilih itu memang sesuai dengan minat dan bakatmu.

Kenyataan yang terjadi di lapangan sangat berbeda dengan apa yang ada dibayangan para lulusan SMA/SMK. Ada yang saat sekolah dia belajar di kelas IPA tetapi saat kuliah malah mengambil jurusan IPS seperti ekonomi, manajemen, dan yang lainnya. Anak IPA mengambil jurusan kategori IPS seperti menjadi lagu lama. Hal ini disebabkan karena persaingan di jurusan kategori IPA sangat berat.

Agar tidak salah langkah dalam mengambil jurusan kuliah maka simak baik-baik tips berikut:
1. Kenali dengan baik minat dan bakatmu.
2. Ketahui kemampuan akademikmu, apakah jago di IPA atau IPS.
3. Sesuaikan dengan kemampuan keuangan untuk biaya kuliah. Ada beberapa jurusan yang membutuhkan biaya tinggi seperti Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan yang lainnya.
4. Cari jurusan yang tidak terlalu susah dapat kerja. Hal ini dapat kamu lakukan saat masih kelas tiga SMA/SMK.
5. Konsultasi dengan orang tua. Ketahuilah bahwa orang tua merupakan sarana terbaik untuk bertanya tentang kemana kamu akan kuliah.
6. Cari jurusan yang berdaya jual long term. Maksudnya pada kondisi apapun jurusan ini akan tetap dibutuhkan, bukan hanya berdasarkan musiman saja.
7. Jangan lupa berdoa memohon kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pemurah agar hatimu mantap dalam memilih jurusan.

No comments:

Post a Comment