Berbagi Informasi

Segarnya Danau Teilalo Di Kadatua, Buton Selatan

Berbicara tentang danau, kamu pasti sudah tahu dengan apa yang dinamakan dengan danau. Nah di Pulau Kadatua, Kabupaten Buton Selatan ada sebuah danau yang cukup unik dan selalu menjadi tempat berkunjung warga Kadatua untuk sekedar menikmati pemandangan atau mandi di danau ini. Danau yang cukup populer di pulau Kadatua ini yaitu Danau Teilalo.

Pemandangan Danau Teilalo. Foto: Awal

Danau Teilalo merupakan satu-satunya danau yang ada di pulau Kadatua. Danau ini terletak di sisi barat pulau Kadatua dan berada dekat dengan laut. Karena posisinya yang dekat dengan laut maka danau ini mempunyai air yang asin. Kondisi Danau Teilalo masih alami dan terjaga dari tangan-tangan jahil. Hal ini terlihat dari banyaknya pohon-pohon dan rumput yang mengelilingi danau ini.

Danau Teilalo
Pohon-pohon di Danau Teilalo, Kadatua. Foto: Awal

Mandi di Danau Teilalo menawarkan suasana dan citarasa yang mungkin belum pernah kamu rasakan. Air danau yang asin membuat suasana seperti sedang mandi di laut. Jika kamu khawatir dengan arus laut maka kamu akan menikmati mandi di sini karena tidak ada arus laut yang membahayakan. Walaupun danau ini tidak terlalu dalam, kamu tetap harus hati-hati karena ada beberapa titik yang mempunyai kedalaman yang berbeda dari sekitarnya.

Titik atau area yang dalam di Danau Teilalo justru menjadi tempat favorit anak-anak yang sedang mandi di tempat ini. Kebiasaan anak-anak Kadatua yang mandi di laut justru membuat mereka mencari area yang agak dalam di Danau Teilalo supaya bisa menyelam dengan bebas. Umumnya para cewek yang sering mandi dan bermain di area yang dangkal di sini.

Danau Teilalo
Pemandangan Danau Teilalo Saat Matahari Terbenam, Kadatua. Foto: Awal

Pohon-pohon rindang yang mengelilingi Danau Teilalo membuat suasana semakin asri, sejuk dan segar. Hawa segar sudah pasti akan kamu rasakan bila mengunjungi tempat ini. Hawa segar udara dan segarnya air Danau Teilalo akan membuat kamu betah berlama-lama bermain air di sini. Kamu bisa melompat dari salah satu tebing Danau Teilalo yang tingginya hanya sekitar 5 meter dari permukaan air danau. Di bawah tebing tersebut terdapat area untuk lokasi mendarat saat lompat dari atas. Tempat melompat ini merupakan tempat favorit masyarakat Kadatua yang mandi di danau ini.

Jangan lupa bawa makanan dan minuman bila ke Danau Teilalo untuk persiapan bila kamu lapar atau haus. Di danau ini belum ada warung makan atau sejenisnya. Kamu harus ke luar dengan jarak 2 atau 3 km untuk mendapatkan warung yang menjual makanan dan minuman. Pengen danau dengan udara dan airnya yang segar? Ayo ke Danau Teilalo :-)

No comments:

Post a Comment