Berbagi Informasi

Jika Ada Penerimaan CPNS, Lulusan Dari Jurusan Ini Sangat Dibutuhkan Di Busel (Part 2)

Pada bagian 1 sudah di bahas tentang beberapa jurusan yang sangat dibutuhkan oleh Kabupaten Buton Selatan untuk mengisi posisi-posisi yang diperlukan untuk pembangunan dan pengembangan Buton Selatan. Mari kita lanjutkan pembahasan tentang jurusan-jurusan apa yang dibutuhkan oleh Buton Selatan sesuai dengan kondisi daerah kabupaten ini.

6. Geologi, Geofisika, Pertambangan dan Elektro

Lulusan dari jurusan Geologi, Geofisika dan Pertambangan diperlukan untuk mendata dan mengelola sumber daya alam berupa batuan, pasir dan bahan tambang lainnya. Saat ini pembangunan sedang giat-giatnya di Buton Selatan, apa bila penambangan pasir dan batu tidak terkontrol maka bisa merusak lingkungan dan pada akhirnya merugikan masyarakat Buton Selatan.

Kemudian lulusan dari jurusan Elektro diperlukan untuk menangani masalah pengadaan sumber energi yang ada di Buton Selatan seperti listrik dan yang lainnya. Kebutuhan listrik adalah suatu hal yang wajib diutamakan di Buton Selatan, terutama beberapa desa di Kecamatan Kadatua dan Siompu.

7. Planologi dan Informatika

Lulusan dari jurusan Teknik Planologi sangat dibutuhkan oleh Kabupaten Buton Selatan agar pembangunan rumah warga dan infrastruktur lebih tertata rapi dan sesuai dengan kondisi lingkungan yang ada di daerah Kabupaten Selatan. Selanjutnya lulusan Teknik Informatika diperlukan untuk informasi daerah berbasis teknologi agar monitoring kegiatan dan perkembangan daerah bisa lebih transparan.

8. Manajemen, Hukum, Ekonomi & Sosial

Lulusan dari jurusan Hukum, Ekonomi dan Sosial adalah beberapa jurusan yang fungsinya sangat penting untuk menangani masalah-masalah hukum dan sosial yang berkaitan dengan ekonomi Kabupaten Buton Selatan.

Lulusan dari jurusan Manajemen akan ikut berkontribusi dalam manajemen dan pengelolaan suatu daerah, baik pengelolaan sumber daya alam maupun pengelolaan manusianya.

9. MIPA (Fisika, Matematika, Kimia, Statistika, Biologi)

Lulusan dari Fakultas MIPA adalah lulusan-lulusan yang bisa ditempatkan di bidang-bidang sesuai dengan keahlian masing-masing alumni. Jurusan dari Fakultas MIPA merupakan jurusan yang berisi ilmu-ilmu murni dan aplikasinya terhadap kehidupan manusia.

Lulusan dari jurusan Fisika bisa berkontribusi di bidang pertambangan untuk bidang minat geofisika, kemudian lulusan fisika dengan bidang minat instrumentasi akan berkotribusi di bidang pengelolaan sumber daya seperti listrik.

Lulusan dari Kimia akan bekerja di bidang kesehatan, terutama obat-obatan bagi yang mengambil bidang minat Analisis Kimia. Lulusan dari Statistika akan berkontribusi di bidang sosial untuk pendataan dan sistem informasi. Dan yang terakhir yaitu lulusan Biologi akan bekerja sama dengan lulusan dari lingkungan untuk masalah hayati dan lingkungan, kemudian bisa bekerja sama juga dengan lulusan pertanian atau kelautan untuk pengembangan sistem pertanian dan biota laut.

Semoga informasi di atas bisa berguna untuk kemajuan Buton Selatan, agar kabupaten ini bisa dikelola dengan tepat dan cepat berkembang sehingga akan memakmurkan warganya. Ada banyak yang lulusan yang bisa berkontribusi dalam pengembangan Buton Selatan. Jurusan-jurusan di atas hanya memberikan informasi secara singkat bagaimana kontribusi mereka dalam pembangunan Buton Selatan.


No comments:

Post a Comment