Berbagi Informasi

Memaknai Hari Kemerdekaan Indonesia

Tanggal 17 Agustus merupakan tanggal yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pada tanggal 17 Agustus 1945, Presiden RI pertama Ir. Soekarno membacakan teks proklamasi sebagai tanda bahwa Indonesia telah merdeka dan menjadi negara berdaulat.

Setiap 17 Agustus ada banyak kegiatan untuk memeriahkan perayaan hari kemerdekaan republik Indonesia. Di daerah-daerah misalnya ada kegiatan baris berbaris, lomba cerdas cermat, lomba olahraga dan kegiatan lainnya. Kegiatan perayaan kemerdekaan ini berguna untuk mengingat kembali bahwa ada sebuah usaha yang sangat keras dari para pejuang zaman dahulu untuk membuat negara ini bebas dari penjajahan.


Di perkotaan perayaan lomba 17 Agustus umumnya di adakan di lingkungan RT masing-masing. Perlombaan ini seperti lomba makan kerupuk, lomba memasukkan paku ke dalam botol, lomba menangkap belut, dan berbagai macam lomba lainnya.

Berbicara tentang kemerdekaan, Indonesia telah menjadi negara yang berdaulat selama 72 tahun, masa rentang waktu yang sangat panjang sebenarnya. Pembangunan Indonesia sudah maju dari berbagai macam bidang, walaupun demikian sepertinya hal ini hanya berpusat di kota-kota besar.

Pembangunan yang tidak pernah habis misalnya di kota Jakarta. Kota ini dengan berbagai macam keluh kesahnya membuat banyak dana digelontorkan hanya untuk membuat manusia-manusia yang tinggal di sini merasa lebih nyaman. Jalan tol, jalur khusus busway dan yang lainnya dibuat agar warga yang tinggal di sini tidak terkena macet.


Istilahnya Jakarta sentris. Memaknai kemerdekaan seharusnya memaknai juga bahwa Indonesia itu dari sabang sampai merauke. Jadi pembangunan untuk mengisi kemerdekaan seharusnya diikuti dengan pembangunan yang menyeluruh dari sabang sampai merauke.

Mari perhatikan apa yang diperlukan oleh suatu wilayah atau daerah. Apa yang dibutuhkan oleh suatu propinsi, kabupaten atau kecamatan agar wilayah itu bisa maju dan berkembang. Berjuang mengisi kemerdekaan dengan membangun yang diperlukan, bukan membangun apa yang diinginkan. Semoga artikel ini berguna dalam memahami apa arti kemerdekaan yang sesungguhnya.

No comments:

Post a Comment