Berbagi Informasi

Pentingnya Seismik Untuk Eksplorasi Migas

Metode seismik merupakan salah satu metode geofisika yang menggunakan gelombang untuk mengetahui informasi bawah permukaan bumi. Dalam eksplorasi minyak dan gas bumi (migas), seismik memegang peranan yang sangat penting. Pada saat melakukan eksplorasi migas, ada beberapa langkah yang dilakukan diantaranya; survey daerah target, pengambilan data geologi dan geofisika, pengeboran sumur, produksi dan selanjutnya eksploitasi.

Peranan metode seismik akan berjalan saat dilakukan pengambilan data geologi dan geofisika. Seismik hanya salah satu metode geofisika yang digunakan selain metode geofisika lain dalam eksplorasi migas. Sebelum masuk ke seismik umumnya ada pengambilan data singkapan geologi yang merupakan bagian dari survey target kemudian aplikasi metode gravitasi dan magnet untuk mengetahui geologi regional daerah target eksplorasi.


Setelah diperoleh singkapan geologi dan data gravity & magnet maka penentuan lokasi survei seismik menjadi lebih terarah sehingga dana atau cost untuk survei seismik menjadi lebih efisien. Umumnya survey seismik 2D menjadi pilihan yang tepat untuk memperoleh hasil yang cepat karena survei seismik 3D biasanya membutuhkan waktu yang lama.

Untuk melakukan survei atau pengambilan data seismik maka dibutuhkan alat-alat seperti sumber ledakan gelombang seismik (source), receiver (geofon), kabel, dan alat perekam (recorder atau seismograf). Alat-alat ini kemudian disusun atau dibentangkan di area yang menjadi target eksplorasi migas. Bentangan alat-alat ini disesuaikan dengan cara atau metode pengambilan datanya.


Metode pengambilan data seismik dimulai dengan memunculkan sumber gelombang seperti ledakan dinamit yang sudah ditanam pada kedalaman tertentu. Setelah terjadi ledakan maka gelombang akan menjalar ke dalam bumi (bawah permukaan). Setiap mencapai lapisan batuan tertentu maka gelombang ini memantul ke atas dan di terima oleh geofon. Setelah di terima oleh geofon maka datanya langsung dikirim ke seismograf untuk di rekam atau dicatat.

Data seismik ini kemudian diolah melalui proses pengolahan data seismik pada umumnya. Dari data seismik kemudian dilakukan analisis atau interpretasi struktur geologi bawah permukaan. Di sinilah hal yang paling krusial dalam eksplorasi migas terkait data seismik. Pengolahan dan interpretrasi data seismik yang benar akan memberikan hasil yang benar pula.


Dari hasil analisis data seismik maka dapat diambil keputusan di mana akan dilakukan pengeboran sumur eksplorasi. Di mana lokasi-lokasi selanjutnya yang mempunyai potensi migas untuk dikembangkan oleh negara atau perusahaan migas tertentu. Semoga informasi seismik ini bisa berguna buat pembaca.

No comments:

Post a Comment