Berbagi Informasi

Perkembangan Kecamatan Kadatua

Dalam 10 tahun terakhir pembangunan Kecamatan Kadatua menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Walaupun demikian masih ada beberapa catatan khusus terkait pembangunan tersebut terutama masalah infrastruktur. Bangunan sekolah, jalan raya, listrik, air tawar bersih, merupakan hal-hal yang harus diperhatikan karena menyangkut kemandirian dan majunya suatu daerah.

Saat ini sudah ada beberapa sekolah menengah pertama (SMP atau MTs) yang ada di Kadatua. Sebelumnya hanya ada satu sekolah menengah yang ada di Kadatua, yang mana pada waktu itu Kadatua masih masuk dalam wilayah Kecamatan Batauga. Tetapi setelah mekar menjadi kecamatan sendiri, Kadatua melakukan banyak pembenahan untuk mengakomodasi pendidikan warga Kadatua terutama tingkat menengah pertama.

Kemudian untuk sekolah menengah atas atau SMA sudah ada di Kadatua. Metamorfosa status SMA yang ada di Kadatua menjadi sekolah negeri merupakan suatu perjuangan yang patut diacungi jempol. Dengan adanya SMA di Kadatua maka para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan sekolah menengah atas tidak perlu jauh-jauh ke luar karena di Kadatua juga sudah ada SMA.

Jalan yang rusak di Kadatua. Foto: Facebook/Raja Kdt/Himalaka Kadatua

Selain masalah pendidikan, hal lain yang juga menjadi konsen pembangunan di Kadatua yaitu jalan raya. Saat ini kondisi jalan raya di Kadatua masih membutuhkan perhatian lebih lanjut, bahkan beberapa jalan utama atau jalan poros hanya disemen atau diaspal dengan tingkat ketahanan yang belum maksimal. Hal ini terlihat dari jalan raya yang gampang rusak walaupun sudah di semen atau di aspal. Jalan yang bagus akan membantu mobilitas warga menjadi lebih efisien, tetapi sebaliknya jalan yang rusak atau licin di area pendakian akan membuat warga rentan kecelakaan.

Kebutuhan listrik di Kadatua sudah terpenuhi di sebagian besar desa, walaupun demikian masih ada beberapa desa yang belum menikmati listrik seperti Banabungi, Banabungi Selatan dan Desa Lipu. Hal ini membutuhkan perhatian serius karena bisa menghambat warga yang ingin berwiraswasta atau melakukan usaha tertentu. Selain itu listrik PLN yang ada di Kadatua cuma menyala selama 12 jam dari jam 18.00 sampai jam 06.00.


Selanjutnya kebutuhan air tawar bersih merupakan hal yang sangat krusial untuk masyarakat Kadatua. Sumur uwemaasi dan sumur baru yang di dekat sumur uwemaasi adalah sumur air tawar yang hanya bisa dinikmati oleh beberapa desa yang dekat dengan lokasi sumur ini. Sumur air tawar yang ada di desa Lipu sudah memberikan keuntungan tersendiri untuk warga Lipu karena tidak perlu jauh lagi untuk mengambil air tawar.

Semoga pembangunan di kecamatan Kadatua bisa terus berlanjut sehingga bisa memberi kemakmuran dan kenyamanan masyarakatnya. Semoga listrik di daerah ini menyala 24 jam, tidak hanya 12 jam seperti sekarang ini. Semoga aliran air tawar bersih bisa mengalir ke rumah-rumah warga sehingga warga tidak perlu capek-capek untuk menimba air di sumur atau mengangkat air melalui kran umum.

Mau tahu informasi tentang Kadatua? Informasi wisata pantai, danau, pemandangan tebing indah, dan informasi lainnya silahkan baca infonya di link berikut: Informasi Seputar Kadatua.

No comments:

Post a Comment