Berbagi Informasi

Acara Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439H di Musholla Al-Muhajirin Grogol

Perhitungan bulan dalam agama Islam menggunakan kalender hijriah. Penggunaan kalender hijriah sangat bermanfaat dalam berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan umat Islam.

Beberapa kegunaan kalender hijriah yaitu penentuan hari-hari besar umat Islam seperti Idul Fitri, Idul Adha, Pergantian bulan dan tahun, dan lain sebagainya.

Hari Kamis 21 September 2017 merupakan 1 Muharram 1439 Hijriah atau yang biasa disingkat dengan 1439H. Ini artinya pada hari Kamis adalah tahun baru Islam yang merupakan peralihan dari 1438 ke 1439 hijriah.

Berbagai macam kegiatan dilakukan oleh kaum muslim sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT karena masih diberi umur yang panjang sehingga masih dipertemukan dengan tahun 1439H.

Salah satu kegiatan kaum muslim dalam acara 1 Muharram 1439H tersebut yaitu mengadakan pengajian, seperti yang dilakukan oleh masyarakat Jelambar Baru, Petamburan, Grogol, Jakarta Barat.

Pengajian di Jelambar Baru. Foto: Yadi Cahyadi

Kaum muslimin yang ada di lingkungan Jelambar Baru mengadakan pengajian yang dilakukan di Musholla Al Muhajirin, Grogol Jakarta Barat. Pengajian ini di hadiri oleh sebagian besar bapak-bapak dan kaum remaja.

Pengajian di Mushalla Al Muhajirin. Foto: Yadi Cahyadi

Selain dari kalangan bapak-bapak, dalam pengajian yang di adakan di Mushalla Al Muhajirin Grogol tersebut juga di hadiri oleh ibu-ibu dan anak-anak.

Mendengarkan Pengajian di Mushalla Al Muhajirin. Foto: Yadi Cahyadi

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, ibu-ibu juga sangat antusias menghadiri acara syukuran tahun baru hijriah ini. Bahkan diantara mereka ada yang membawa anaknya ke mushalla tersebut sebagai bentuk syiar Islam dan mengenalkan Islam kepada anak-anak tersebut.

Membawakan tausiah. Foto: Yadi Cahyadi


Kaum muslim yang menghadiri acara tersebut terlihat sangat antusias dengan pengajian dalam syukuran tahun baru Islam. Makanan dan minuman juga tersedia serta ikut menemani kaum muslim dalam acara tersebut.

Para tokoh agama dan masyarakat. Foto: Yadi Cahyadi


No comments:

Post a Comment