Berbagi Informasi

Batuan Reservoar Hidrokarbon

Dalam konsep minyak dan gas bumi (hidrokarbon), keberadaan batuan reservoar sangat diperlukan. Batuan resevoar merupakan salah satu batuan yang sangat penting keberadaannya dalam sistem perminyakan. Batuan reservoar adalah batuan dengan mempunyai porositas dan permeabilitas yang baik untuk menyimpan minyak, gas atau keduanya dengan jumlah yang komersial.

Dua komponen dasar properti batuan reservoar adalah porositas dan permeabilitas. Porositas merupakan kapasitas penyimpan batuan sedangkan permeabilitas merupakan kemampuan fluida untuk melewati material batuan yang poros.

Dalam sistem perminyakan, porositas batuan reservoar menunjukkan kemampuan batuan untuk menyimpan hidrokarbon, sedangkan permeabilitas menunjukkan kemampuan batuan untuk mengalirkan fluida yang ditampungnya atau kemampuan fluida untuk melewati batuan reservoar. Semakin besar porositas dan permeabilitas suatu batuan reservoar hidrokarbon maka batuan reservoar tersebut dapat dikembangkan sebagai reservoar yang komersial.


Porositas batuan reservoar migas adalah ruang pori atau kosong dalam sebuah batuan yang umumnya diisi dengan air tetapi mengandung minyak atau gas. Secara matematis, porositas dihitung dengan cara; volume pori di bagi total volume batuan di kali 100 persen. Satuan porositas adalah presentase (%).

Skala porositas terdiri:
0 – 5 % : Diabaikan (negligible)
5 – 10 % : Buruk (poor)
10 – 15 % : Cukup (fair)
15 – 20 % : Baik (good)
20 – 25 % : Baik sekali (very good)
> 25 % : Istimewah (excellent)

Permeabilitas batuan reservoar migas adalah daya alir atau kemampuan fluida (minyak, gas, air) untuk mengalir di dalam batuan reservoar. Semakin gampang fluida mengalir di dalam reservoar maka semakin bagus permeabilitas reservoar tersebut.

Satuan permeabilitas adalah Darcy, yang di definisikan sebagai permeabilitas yang memungkinkan suatu fluida 1 cP viskositas (kental) untuk mengalir pada kecepatan 1 cm/detik dan tekanan 1 atm/cm. Umumnya reservoar mempunyai permeabilitas kurang dari 1 Darcy sehingga biasanya menggunakan astuan milidarcy (mD).

Skala permeabilitas terdiri dari:
< 5 mD : Ketat (tight)
5 – 10 mD : Cukup (fair)
10 – 100 mD : Baik (good)
100 – 1000 mD : Baik sekali (very good)

No comments:

Post a Comment