Berbagi Informasi

Batuan

Batuan merupakan material yang membentuk kerak bumi. Dalam ilmu geologi, batuan terbagi atas tiga jenis yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf. Siklus terjadinya batuan yang ada di bumi hanya berputar di antara tiga batuan ini.

Siklus Terjadinya Batuan. Foto: www.geolsoc.org.uk

Batuan beku merupakan batuan yang terbentuk karena proses pembekuan suatu magma. Bila membeku di dalam bumi disebut intrusive rock, contohnya yaitu granit. Sedangkan bila membeku di permukaan bumi disebut extrusive rock, contohnya yaitu andesit.

Batuan metamorf merupakan batuan ubahan dari batuan yang sudah ada. Batuan metamorf umumnya terjadi karena pengaruh tekanan dan temperatur. Contoh batuan metamorf antara lain yaitu marmer (ubahan dari batu kapur), sabak atau batu tulis (ubahan dari lempung).

Batuan sedimen merupakan batuan yang terbentuk dari hasil pengendapan, baik secara mekanik, organik atau kimia. Batuan sedimen terbentuk di permukaan bumi pada suhu dan tekanan rendah, sebagai hasil dari akumulasi dan pemadatan material-material sedimen, yang ditransportasikan oleh angin, air atau es (Raymond, 1995).

Sedimen, secara definisi adalah kumpulan partikel, baik lembut atau keras. Jika mengacu pada ilmu geologi maka sedimen merupakan endapan batuan sedimen. Contoh batuan sedimen antara lain yaitu batu pasir, batu kapur, batu gamping, dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment