Berbagi Informasi

Jurusan IT Yang Semakin Meroket

Setiap jurusan kuliah mempunyai masa kejayaannya tersendiri. Dalam beberapa tahun terakhir ada beberapa jurusan yang dinilai sangat dibutuhkan dimanapun.

Jurusan-jurusan yang sedang booming di antaranya yaitu Teknologi Informasi (IT) dan Rumpun Ilmu Kesehatan seperti Keperawatan, Kebidanan, dan Kesehatan Masyarakat. Mari kita fokus membahas jurusan yang berkaitan dengan teknologi informasi.

Ilustrasi IT. Foto: Pixabay/Geralt

Jurusan teknologi informasi atau yang dikenal dengan sebutan IT mempunyai beberapa penamaan jurusan yang spesifik di perguruan tinggi. Jurusan-jurusan tersebut yaitu Teknik Informatika, Teknik Komputer, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, dan beberapa nama jurusan IT lainnya.

Pembagian jurusan-jurusan IT umumnya disesuaikan dengan kondisi kampus yang membuka jurusan tersebut. Umumnya ada yang fokus ke bagian software dan ada juga yang fokus ke hardware tetapi ada juga yang fokus dua-duanya.

Bila kampus tersebut mempunyai sumber daya manusia yang cukup maka biasanya akan dibuka jurusan IT dengan spesifikasi yang lengkap. Tetapi jika tidak, maka hanya akan dibuka satu atau dua yang paling tinggi peminatnya di masyarakat.

Perkembangan teknologi saat ini memicu semakin banyaknya kampus-kampus yang membuka jurusan yang berkaitan dengan IT. Sebagian besar perguruan tinggi membuka jurusan Teknik Informatika, karena jurusan ini sangat tinggi peminatnya bagi alumni-alumni sekolah menengah atas.

Permintaan kerja atau lowongan yang membutuhkan lulusan IT juga sangat banyak dan beragam. Di perkirakan dalam beberapa tahun mendatang lowongan IT masih akan bertaburan dibandingkan dengan jurusan lain.

Walaupun demikian, bagi anda yang kuliah di bidang IT juga harus lebih pintar dan kreatif. Banyaknya kampus yang membuka jurusan ini membuat persaingan semakin ketat.

Setiap lulusan IT harus lebih mengisi diri dengan kemampuan yang lebih update agar perusahaan lebih tertarik dengan anda dan bisa meng-hire anda dengan cepat.


Baca juga:

Mau Kuliah Di Jurusan Apa?
Jurusan Kuliah Yang Mahasiswanya Dominan Cewek

No comments:

Post a Comment