Berbagi Informasi

Pulau Kadatua

Pulau Kadatua adalah salah satu pulau yang ada dalam wilayah kepulauan Buton. Secara administrasi, Pulau Kadatua merupakan kecamatan tersendiri yaitu Kecamatan Kadatua, yang masuk dalam bagian wilayah kabupaten Buton Selatan.

Saat ini di Kadatua terdapat 10 desa, yaitu Desa Banabungi, Desa Banabungi Selatan, Desa Lipu, Desa Uwemaasi, Desa Kaofe, Desa Marawali, Desa Mawambunga, Desa Waonu, Desa Kapoa Barat dan Desa Kapoa.

Pulau Kadatua. Foto: googlemap

Setiap desa yang ada di Pulau Kadatua ada yang letaknya berdampingan dan ada juga yang letaknya berjauhan. Letak dua atau tiga desa yang berdampingan disebabkan karena sebelumnya desa-desa ini merupakan satu desa tetapi karena proses pemekaran sehingga terbagi menjadi beberapa desa.

Desa Kapoa dan Desa Kapoa Barat merupakan dua desa yang terletak bagian selatan - timur pulau Kadatua. Dua desa ini sangat dekat dengan pulau Liwutongkidi.

Desa Waonu dan Desa Mawambunga merupakan dua desa yang terletak di bagian selatan – barat pulau Kadatua. Desa Waonu dan Desa Mawambunga bersama dengan Desa kapoa dan Desa Kapoa Barat terletak di sisi selatan pulau Kadatua, hanya yang satu di selatan bagian timur sedangkan yang satunya di selatan bagian barat.

Desa Marawali, Desa Kaofe dan Desa Uwemaasi merupakan tiga desa yang terletak di sisi barat – tengah pulau Kadatua. Tiga desa ini terletak saling berdekatan karena dulunya merupakan satu desa dan terpisah menjadi tiga desa hasil dari pemekaran.

Desa Lipu terletak di tengah-tengah pulau Kadatua dan berada di wilayah ketinggian. Keberadaan desa ini sangat berarti bagi pulau Kadatua karena di desa ini terdapat benteng Desa Lipu yang memberi nilai sejarah wilayah ini. Selain itu letaknya sangat bagus karena mengisi space (area) tengah di pulau Kadatua sehingga penyebaran penduduk di pulau Kadatua menjadi merata.

Desa Banabungi dan Desa Banabungi Selatan merupakan dua desa yang terletak di bagian utara – timur pulau Kadatua. Kedua desa ini terletak dekat dengan Kota Baubau.


Jalan utama di pulau Kadatua memiliki jalur melingkar ke barat dari Desa Kapoa hingga Desa Banabungi. Melewati jalur melingkar ini membuat anda akan melewati desa-desa lain yang ada di pulau Kadatua.

Jalur terpendek dari Kapoa ke Banabungi yaitu lewat jalur laut. Jalur lain yaitu lewat garis lurus dari Desa Kapoa ke banabungi melalui Labulengke, tapi belum ada jalan darat di rute ini. Suatu saat mungkin perlu dibuat jalur darat langsung dari Desa Kapoa ke Desa Banabungi.

Baca informasi lainnya tentang Kadatua: Informasi Seputar Kadatua.

No comments:

Post a Comment