Berbagi Informasi

Tips Menyimpan Daging Kurban Dalam Kulkas

Setiap hari Raya Idul Adha anda biasanya akan mendapat daging kurban. Umumnya daging kurban ini tidak langsung di masak tetapi disimpan dahulu dalam kulkas. Agar daging kurban tetap sehat dan bermanfaat bagi kesehatan anda perhatikan tips berikut cara menyimpan daging kurban yang benar di dalam kulkas.

Daging Kurban. Foto: doamustajab.com

1. Pastikan bahwa daging tersebut dibungkus dengan plastik berwarna putih jangan plastik warna hitam. Plastik yang berwarna hitam merupakan plastik daur ulang yang mengandung karsinogen sehingga dapat mengganggu kesehatan manusia.

2. Jangan mencuci daging tersebut. Apabila anda mendapat daging kurban yang sudah dibungkus maka jangan mencuci daging tersebut. Cukup perhatikan bungkus plastiknya hitam atau putih atau warna lain. Yang penting jangan mencucinya. Bila anda mencucinya maka kemungkinan besar kuman-kuman akan mengendap bersama air di pori-pori daging. Cucilah daging tersebut saat anda akan memasaknya.

3. Jangan langsung disimpan di freezer tetapi simpan di bagian kulkas yang lain agar sejuk selama sekitar 4 atau 5 jam. Setelah itu daging yang sudah sejuk ini bisa anda pindahkan ke bagian freezer.

4. Jika anda mendapat daging yang cukup banyak, misalnya di atas 3 kg maka anda dapat memisahkan terlebih dahulu dan membungkus dalam ukuran setengah kilo agar anda tidak membuka semua daging dan hanya mengambil bagian plastik kecil tersebut yang akan di masak. Walaupun demikian cara pemisahan ukuran kecil ini hanya untuk anda yang akan menyimpan daging dalam jangka waktu yang lama, misalnya untuk waktu enam bulan atau lebih.

5. Saat anda akan memasak daging beku yang sudah dimasukkan dalam freezer, jangan dicuci dengan air panas tetapi cucilah dengan air biasa dalam keadaan daging masih dalam plastik. Setelah lumayan mendapat suhu yang normal baru anda buka plastiknya, cuci dan masak daging tersebut.


Demikianlah beberapa tips cara menyimpan daging kurban yang sehat. Semoga berguna bagi anda.

No comments:

Post a Comment