Berbagi Informasi

Fakta Mencengangkan IPM Kabupaten Buton

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan salah satu cara untuk mengukur pembangunan manusia di suatu wilayah.

Ada tiga hal yang diukur dalam IPM yaitu (1 ) Umur panjang dan sehat, (2) Pengetahuan, dan (3) Kehidupan yang layak.

IPM sangat berguna untuk monitoring pembangunan manusia suatu wilayah dalam jangka waktu yang panjang.

Kategori IPM terbagi atas empat:
Rendah : IPM < 60
Sedang : 60 ≤ IPM < 70
Tinggi : 70 ≤ IPM < 80
Sangat Tinggi : IPM ≥ 80

Berdasarkan data statistik daerah provinsi Sulawesi Tenggara yang dirilis pada bulan September 2017 menunjukkan bahwa IPM Kabupaten Buton sepanjang tahun 2016 hanya mencapai 63.69, nilai yang merupakan kategori IPM Sedang.

IPM Sulawesi Tenggara 2016. Sumber Gambar: BPS SULTRA 2017

Nilai IPM Kabupaten Buton menunjukkan bahwa pembangunan manusia di wilayah ini masih memerlukan proses ekstra untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Berdasarkan data BPS Sulawesi Tenggara pada periode 2015-2016 Kabupaten Buton mengalami pertumbuhan IPM sebesar 1.45%. Walaupun demikian nilai IPM tahun 2016 masih berada pada kategori IPM sedang.

Bila dibandingkan dengan nilai IPM yang ada di kabupaten lain, IPM kabupaten Buton hanya lebih baik dari Kolaka Timur, Muna Barat, Buton Tengah, Konawe Kepulauan dan Buton Selatan.

Kolaka Timur mempunya IPM 63.6, hanya selisih 0.09 dari IPM Kabupaten Buton. Sedangkan lima kabupaten lainnya (Muna Barat, Buton Tengah, Konawe Kepulauan dan Buton Selatan) berada dikisaran 62.5, yang mana sebagian besar merupakan daerah otonomi baru (DOB).


Yang lebih menarik adalah Kabupaten Buton Utara justru mempunyai IPM yang lebih baik dibandingkan dengan Kabupaten Buton, padahal dua wilayah ini berada dalam satu daratan dan dekat satu sama lain.

Lahirnya Kabupaten Buton Selatan dan Kabupaten Buton Tengah sebagai daerah otonomi (DOB) pada tahun 2014 seharusnya memicu perkembangan Kabupaten Buton menjadi lebih baik dan berkembang lebih pesat.

Dari data statistik IPM terlihat bahwa masih ada hal-hal yang perlu dikembangkan untuk pembangunan manusia yang ada di wilayah Kabupaten Buton.

Jika masih melakukan hal yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya tanpa ada inovasi untuk pembangunan manusia maka bukan tidak mungkin IPM Kabupaten Buton akan tetap stagnan pada kisaran nilai yang kurang memuaskan.



Motivation and Inspiration               Information about Buton and others

No comments:

Post a Comment