Berbagi Informasi

Mengenal Poundsterling dan Euro

Poundsterling

Poundsterling adalah mata uang yang digunakan di United Kingdom termasuk Inggris. Simbol mata uang poundsterling yaitu £. Jadi kalau melihat tanda £ maka kamu sudah harus tahu bahwa ini merupakan poundsterling.

Penyebutan mata uang poundsterling umumnya disingkat dengan pound, sehingga kalau anda menemukan kata pound maka sebenarnya itu sebutan untuk poundsterling.

Uang Poundsterling (Pound).Gambar:Pixabay

Nilai tukar poundsterling ke dalam mata uang Indonesia (rupiah) mengikuti nilai kurs yang berlaku setiap hari. Saat ini 1 £ = Rp 17226.52. Jadi 1 poundsterling senilai dengan tujuh belas ribu dua ratus dua puluh enam koma lima dua rupiah.

Nilai mata uang rupiah sangat kecil sekali dibandingkan dengan nilai mata uang poundsterling. Jadi jangan heran bila ekonomi Indonesia sangat jauh berbeda dengan Inggris.

Euro

Euro adalah mata uang yang di gunakan di negara-negara Eropa seperti Spanyol, Italia, Austria, Jerman dan negara-negara Eropa lainnya. Simbol mata uang euro yaitu €.

Uang Euro.Gambar:Pixabay

Kurs mata uang euro ke rupiah saat ini yaitu sekitar 1 € = Rp 15693.22. Terlihat bahwa 1 euro senilai dengan lima belas ribu enam ratus Sembilan puluh tiga koma dua dua rupiah. Lagi-lagi nilai mata uang rupiah sangat jauh di bawah nilai mata uang euro.

Bagaimana nilai tukar pound dan euro ke dolar amerika?
1 £ = 1.29 $, nilai 1 pound = satu koma dua sembilan dolar amerika.
1 € = 1.17 $, nilai 1 euro = satu koma satu tujuh dolar amerika.
1 $ = Rp 13360, nilai 1 dolar = tiga belas ribu tiga ratus enam puluh.

Melihat nilai kurs mata uang pound, euro, dolar amerika dan rupiah di atas maka kita sudah berhitung bahwa nilai tukar rupiah sangat rendah dibandingkan dengan mata uang pound, euro dan amerika.


Mengapa mata uang rupiah begitu kecil dibandingkan dengan pound, euro dan dolar amerika? Jawaban pertanyaan ini sebenarnya sangat panjang dan membutuhkan pembahasan tersendiri.

Jawaban singkatnya yaitu karena faktor ekonomi suatu negara. Rupiah semakin melemah karena ekonomi Indonesia lemah dan rupiah akan menguat bila kondisi ekonomi di Indonesia kuat. Itu jawaban singkatnya :-)

No comments:

Post a Comment